Kamis,5 Nov 2015 11:04 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Suzuki Ertiga GX M/T 2012

Foto: Rian

Modifikasi Suzuki Ertiga GX M/T 2012



Pilih pelek Brabus, supaya kelihatan berkelas seperti Mercedes


Jakarta - Sektor kaki-kaki, selalu jadi hal pertama ubahan yang dilakukan untuk mempergagah tampilan. Hal itu juga dilakukan oleh Adi Prasetyo pemilik Suzuki Ertiga tipe GX bertransmisi manual. Namun soal ganti kaki-kaki untuk mendongkrak tampilan itu, Goceng condong pada pelek berlabel Brabus.



Bagian interior, dilapis jok kulit dengan konsep luxury

“Kelihatan lebih berkelas saja, seperti kendaraan Eropa sekelas Mercedes-Benz,” ungkap Goceng, panggilan akrabnya. Diameter pelek yang diaplikasikan ke Ertiga lansiran 2012 itu 18 inci. Dengan lebar bagian depan 8,5 inci dan belakang 9 inci. Aplikasi tersebut, sudah pasti kudu melakukan penyesuaian.



Pelek Brabus 18 inci lebar 8,5 inci di depan, setingan camber dibuat-2

Agar enggak hanya sedap dipandang mata, namun juga tetap enak dipakai untuk harian bersama keluarga. Urusan seting kaki-kaki, Goceng mempercayakan pada Sutarno dari Bagus Ban. “Dengan lebar pelek tersebut, dasar setingnya agar enggak gesrot ke sisi dalam fender,” ujar pria yang lokasi kerjanya di Komplek Ruko Mitra Bekasi Jl. Ir. Juanda, Bekasi Timur.



Monitor 7 inci plus kamera belakang, mengganti kaca spion tengah

Pemakaian lebar pelek yang 8,5 inci di depan, membuat setingan sudut ban bagian atas atau yang biasa disebut camber dijadikan negatif (ditarik ke dalam). Hal yang serupa juga dilakukan pada bagian belakang yang pakai pelek lebarnya 9 inci.



Mesin standar hanya saja knalpot pakai HKS


“Untuk depan camber dibuat -2 dan belakang -3,5. Kurang dari itu maka akan mentok ke fender,” ujar mekanik yang akrab disapa Arno itu. Sokbreker depan di-custom dengan cara menggeser mangkok bagian bawah dudukan per. Sempat per juga di-custom dengan memotong 1 ulir dan hasilnya terlalu pendek, jadi enggak enak dipakai untuk harian.



Adi ‘Goceng’ Prasetyo. Identitas Ertiga diganti jadi nama panggilannya

“Sekarang bagian depan dibalikkan lagi pakai per standar Ertiga. Sedangkan belakang, pakai per custom,” jelas pria berbadan langsing itu. Setingan kaki-kaki dirasa sudah pas, bodi Ertiga jadi proyek selanjutnya. Goceng enggak neko-neko, cukup melapis bodi asli yang berkelir hitam dengan stiker merah dof.

“Indentitas Ertiga di pintu belakang enggak ada lagi dan diganti angka 5000 yang merupakan panggilan saya,” bangganya. • (otomotifnet.com)

Plus:

- Cukup main-main di kaki dan stiker, tampilan luar sudah berubah

Minus:
- bagian dalam belum tersentuh secara maksimal


Data Modifikasi:

Pelek Brabus Monoblock 18 inci Ban Bridgestone 215/40R18 (depan), 225/40R18 (belakang) Muffler HKS Jok MBtech Head lamp Proyektor Stiker Oracal Sokbreker Standar Custom Shift knop Momo Monitor Holliwood 7 inci






EDITOR

Otomotifnet

Top