Jumat,6 Mei 2016 14:27 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Suzuki Jimny M/T 1981, Raja Klontang Dari Serang

Foto: Rian/otomotifnet

Raja Klontang Dari Serang

Ini kali pertama dipakai ikutan even rock crawling. Sebelumnya di event yang sama, sifatya eksebisi saja

Jakarta - Satu tujuan utama yang ingin dicapai oleh TB Agung Sugiarto SE. Msi, saat membangun ulang Suzuki Jimny M/T 1981 bertransmisi manual miliknya. “Agar bisa dipakai di semua medan, termasuk untuk event rock crawling,” ucap pria yang tinggal di Serang, Banten itu.

Dibilang membangun ulang, karena ubahan yang dikerjakan di garasi rumahnya itu hanya menyisakan bagian sasis saja. Selebihnya selain bikin ulang, ada juga yang pasang dari kendaraan lain. Lebih detail, seperti ini ubahan yang dilakukan TB Agung pada kendaraan yang nongol di event rock crawling Indonesia Internasional Motor Show 2016. (otomotifnet.com)

Modifikasi Suzuki Jimny M/T 1981
rangka

Rangka

Dipakai rock crawling, memiliki kemungkinan besar terjadi klontang alias terbalik. Sudah pasti hal tersebut sangat disadari TB Agung, makanya roll-bar mengacu pada regulasi yang berlaku, dengan menggunakan pipa berdiameter 1,5 inci Bagian penunjangnya pakai pipa besi yang berdiameter 1,4 dan ada juga yang 1 inci. “Semuanya disesuaikan saja dengan kebutuhan safety,” ujarnya.

Modifikasi Suzuki Jimny M/T 1981
Bodi

Bodi

Dipakai olah raga ekstrem seperti rock crawling, adventure off-road ataupun speed off-road, akan menyulitkan kalau tetap pakai bodi standar. Apalagi kemungkinan penyok, baret dan lain-lain yang lebih besar. Oleh karena itu, diputuskan untuk menggunakan bodi custom yang terlihat simple. Pelat aluminium ukuran 1 mm, didesain khusus untuk menggantikan bodi bawaan Jimny.

Modifikasi Suzuki Jimny M/T 1981
Kaki-kaki

Kaki-Kaki

Dengan menghitung bobot kendaraan yang kurang dari 1 ton atau diperkiraka hanya 800 kg, maka seperti ini setingan suspensi yang dilakukan. Dimana untuk bagian belakang menggunakan 4-Link dan depannya pakai bawaan Mitsubishi Pajero Sport. Per dicari yang lebih keras dan pilihannya jatuh pada bawaan Suzuki Vitara.

Modifikasi Suzuki Jimny M/T 1981
Gardan

Gardan

Pada bagian ini TB Agung masih percaya pada bawaan mobil. Meski sudah menggunakan mesin yang kapasitasnya lebih besar, gardan milik Jimny tersebut terasa sudah kurang menunjang. “Mesinnya jadi terasa over-power terhadap gardan yang standarnya untuk mesin 1.300 cc,” paparnya.

Modifikasi Suzuki Jimny M/T 1981
Mesin

Mesin

Sesuai dengan peruntukannya sebagai kendaraan untuk olah raga ekstrem, maka butuh mesin yang tangguh disegala medan. Bawaan Suzuki Carry yang berkapasitas 1.500 cc menggantikan mesin standar. Penggunaan mesin in yang dibilang TB Agung over power terhadap pemakaian gardan standar.

Transmisi

Untuk rock crawling, TB Agung hanya pakai gigi persneling 1 saja. Setingan gigi low gear yang dipakai 1 : 6 dan ini juga dipakai ketika ikutan adventure maupun speed offroad.

Modifikasi Suzuki Jimny M/T 1981
TB Agung Sugiarto

TB Agung Sugiarto

Dasarnya memang doyan tantangan di medan offroad, maka semua pengerjaan yang memakan waktu lebih kurang 4-6 bulan itu dikerjakan sendiri di garasi rumahnya.

Data Modifikasi Suzuki Jimny M/T 1981

Mesin: Suzuki Carry 1.5L

Gardan: Suzuki Jimny

Rollbar: Pipa 1,5 inci

Bodi: Pelat Aluminium 1 mm

Low Gear: 1 : 6

Sokbreker Depan: Mitubishi Pajero

Sokbreker Belakang : 4-Link

Per: Suzuki Vitara

Muffler: Custom

Ban: Simex 31x10.5-15

Plus: Bobot ringan dan pendek, enak dibawa ke semua model trek

Minus: Gardan kurang pas dengan mesin 1.500 cc

EDITOR

Bagja

Top