Kamis,8 Okt 2015 11:05 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Suzuki Swift M/T 2008, Ekstrem juga Bisa Elegan

Foto: Hardy

Modifikasi Suzuki Swift M/T 2008, Ekstrem juga Bisa Elegan



Di dalam fantasinya hanya 2 target yang ingin dicapai dalam membangun kendaraan kontes. Konsepnya ekstrem sekaligus elegan


Bali - Mix and match 2 aliran tersebut sebetulnya tidak terlalu sulit. "Asalkan tahu batas tingkat ekstremnya saja. Selama tidak ekstrem melakukan body conversion, tidak masalah kok," sebut Ngurah Cahya, pemilik Suzuki Swift bertransmisi manual ini. Agar proyeknya lebih mudah dipantau, semua pengerjaan diserahkan pada bengkel AutoKit yang bermarkas di Gunung Sanghyang, Denpasar.



Upgrade mesin lewat cara simple yaitu turbo kit dalam 2 hari selesai pemasangan

FENDER FLAE 7,5 CM!

Bermula dari pelek yang akan digunakan. Pilihan jatuh pada lansiran VIP Modular 19 inci. Kalau bicara diameter segitu pada Swift mungkin sudah biasa, tapi lebar pelek yang mencapai 10,5 inci untuk depan dan 11,5 inci belakang, ini baru sadis.



Mapping selector Dastek bersebelahan dengan boost meter digital

Tentu tidak akan muat di ruang fender bawaan pabrik. Harus dilakukan proses fender flare 5 cm depan dan belakang 7,5 cm. "Kalau flare depan sekalian membuat fender baru dengan bahan fiberglass. Nah fender belakang mau tidak mau harus sobek bawaan pabrik," ujar anggota komunitas Revenge ini.



Gauges pemantau tekanan balon suspensi udara terletak di konsol depan tongkat persneling

Body kit juga turut menyesuaikan fender baru yang lebih lebar agar terlihat dinamis. Sebagai pamungkas, sekujur bodi dilabur cat hasil racikan bengkel Auto Kit. "Tapi campurannya rahasia, tidak boleh diceritakan. Saya sendiri juga tidak tahu," ujar lelaki low profile ini.



Jok belakang bisa massage, jika lelah tinggal tekan tombol di remote control

Jika diperhatikan detail, akan terlihat di sisi kanan dan kiri terdapat airbrush simple. Sekadar pemanis agar tidak terlihat terlalu polos. Tak ketinggalan, tren motorized diaplikasi. Mengandalkan 4 buah motorized buatan Autoloc yang ditempatkan pada pintu belakang, bagasi dan kap mesin. Pintu belakang dibuat dengan mekanisme sliding seperti pada luxury MPV.

Salah satu bagian yang lumayan ekstrem yaitu pemotongan atap yang menyesuaikan panoramic roof bawaan Peugeot. Sayang Ngurah lupa dari tipe apa.



Tidak kalah dengan kendaraan keluaran baru, ada panoramic roof yang diambil dari kepunyaan Peugeot

INTERIOR ELEGAN

Sektor interior juga dirombak total. Jok depan tidak perlu menarik handle rel jika ingin mengatur jaraknya. Cukup menekan tombol saja. Sudah mengadopsi sistem elektrik. Kalau jok belakang memang dibuat paten relnya, namun ditambahi fitur pemijat. Enak nih kalau badan pegal-pegal habis kontes.



Audio menyita seluruh ruang bagasi dengan boks model PNR

Walaupun semua jok dibalut bahan kulit sintetik, namun motif sofa membuat kabin tampil lebih mewah. Warna kabin sengaja dibuat two tone dengan paduan merah marun dan beige. Bobot jelas bertambah, efeknya mesin standar kurang tenaga. Untuk itu perlu menambah turbo kit agar torsi melonjak drastis.



Masih menyisakan bentuk asli, sepasang knalpot dual pipe mengesankan sporty

"Sebetulnya tidak mengincar tenaga yang terlalu besar. Cuma biar enak saja ketika driving. Kalo full standar, yah pasti kurang kan larinya," jelas pemuda yang sering mengendarai Kawasaki ER-6n. Boost turbo malah tergolong kecil, hanya 0,4 bar. Selain itu agar bisa show off juga di kontes.

"Lumayan deh bisa dapat beberapa piala sampai King Nominee, tinggal gelar The King belum pernah kesampaian," ucap pemuda yang bekerja di salah satu bank pemerintah ini. Ayo dirombak lagi bos biar bisa jadi The King. • (otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI:

Mesin Turbo Kit Zage,Dastek (Piggyback Unichip Q+, Turbo Module, IDrive) ,GReddy Breather Tank,Blow Off HKS,Slang Vakum Samco Eksterior Full Custom Body Kit,Fender Flare,Headlamp New Swift ,Taillight LED,Kap Mesin Custom + Motorized,Pintu Belakang Sliding,Bagasi Motorized,Shaved Door Handle,Panoramic Roof Peugeot ,Custom (Grille, Spion) Interior Jok Depan Custom Elektrik + Retrim MBtech,Dasbor Custom + Retrim Mbtech, Suede,Issota (Setir, Pedal, Shift Knob),Custom (Minibar, Plafon, Doortrim),Jok Belakang Custom Pijat ,Karpet MBtech Kaki-kaki Pelek VIP Modular VRC110 19x(10.5+11.5),Ban Depan Accelera 215/35 R19,Ban Belakang Toyo 225/35 R19,Viair Air Suspension,Big Brake Kit Depan Brembo 6 Pot ,Big Brake Kit Belakang 4 Pot,In Car Entertainment Head Unit Sony Double DIN,Power Amplifier VOX 4 Channel,Power Amplifier VOX Monoblock 2 Unit,Subwoofer VOX 10 Inci,Speaker Depan VOX 3 Way,Speaker Belakang VOX 2 Way 2 Set,Monitor 7 Inci 6 Unit,Monitor 3 Inci 6 Unit,Gadget Custom 8 Channel









EDITOR

Otomotifnet

Top