Selasa,22 Nov 2016 15:32 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Toyota 86 2013 Dari Pekanbaru Ke Jakarta

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Dari Pekanbaru Ke Jakarta

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Interior cuma ganti setir TRD saja

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Dari luar sih biasa saja, ‘isinya’ yang mengerikan!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Coil over Öhlins bikin handling lebih stabil

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pelek Enkei bikin tampilan jadi lebih sangar

Segala cara ditempuh supaya lebih kencang, meski harus kirim mobilsampai Jakarta

Pekan baru - Tampilan luar Toyota 86 memang terlihat aura ala sportcar. Meski begitu,banyak yang mengaku tidak puas dengan performa mesinnya. Belakangan,opsi pasang super charger jadi pilihan paling menarik. Seperti 86 yang jauh-jauh dikirim dariPekan baru ke Jakarta ini,tujuannya hanya ingin pasang super charger agar mesinnya jadi lebih galak!

Pemiliknya yang masih berstatus pelajar SMU di Pekanbaru, namanya Marcelleo.“Saya senang mobil kencang, menurut saya performa mesin standarnya kurang maksimal. Makanya penasaran gimana caranya supaya lebih kencang,” ujar Marcel, sapaan akrabnya. Beruntung ia bertemu denga nOngky, pemilik Toyota 86 yang sudah full modifikasi dan pernah masuk OTOMOTIF.

“Saya disarankan untuk pasang super charger, lebih mudah dan pasti power meningkat jauh,” ujarnyalagi. Beruntung orang tuanya setuju dan mobil pun langsung dikirim ke Jakarta. Oleh Ongky, mobil langsung dimasukkan ke workshop CPNK milik Sonny di Rawamangun, Jaktim. Pemasok udara tambahan merek Kraftwerks sudah disiapkan.

Oh iya, Sonny juga membelah mesinnya untuk memasang piston dan conrod forged dari Carillo agar makin maksimal. Setelah piston dan conrod Carillo terpasang, barulah super charger Kraftwerks dengan blower Rotrex dipasang. “Boost-nya saya setting di 11 psi, itu masih aman setelah beberapa kali coba,” jelasnya. Selain itu seluruh exhaust system juga dibuat custom agar tenaga tidak drop pada saat pedal gas diinjak habis.

Terakhir ECU-nya juga di setting oleh EcuTek, alhasil power pun makin meningkat. Hasil akhir di atas mesin dyno,akhirnya didapat angka 346,8 dk.“Saya sempat tes di moning run, 200 kpj saja sih cepat banget,” tukas Ongky.Gas polllll…!!! Kyn/otomotifnet.com

Data Modifikasi:
Mesin:Supercharger Kraftwerks, piston forged Carillo, conrod forged Carillo, intercooler Kraftwerks, oil cooler Kraftwerks, ECU setting by EcuTek, exhaust system custom
Pelekdan kaki-kaki:CoiloverOhlins, pelekEnkei RS05RR 18x9,5inci, ban Yokohama AD08R 255/35R18
Interior:Setir 86 TRD

Plus: Lonjakan power mesin jauh dibanding standarnya
Minus: Belum pakai Big Brake Kit (BBK)

EDITOR

Pilot

Top