Senin,2 Mei 2016 11:15 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Toyota Yaris M/T 2012 Dari Biasa Saja, Sekarang Pol-Polan

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Pelek Super Lebar

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Door trim standar di custom sesuai kelir bodi

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Ada 4 subwoofer berukuran 12 inci yang dipasang dan speaker pendukung.

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Air Suspension 4 Titik

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Mesin tetap standar, tapi end muffler pakai Fujitsubo

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Yaris terlihat lebih membulat

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Bodi mengalami penyesuaian

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Reyza Andrean, memang doyan ubah tampilan kendaraan

Pasang pelek superlebar, mau tidak mau bodi Yaris ditarik keluar dan membuatnya terlihat membulat

Jakarta - Bukan kali ini saja Reyza Andrean melakukan ubahan pada kendaraannya. Tapi pada Toyota Yaris keluaran 2011 ber transmisi manual ini, pria yang tinggal di daerah Cibubur, Jabar melakukan hal yang berbeda. Banyak ubahan yang dilakukan, dari eksterior, interior, kaki-kaki sampai urusan audio system. “Sebelumnya ubahan yang dilakukan sederhana saja. Asal tampil sesuai dengan yang sedang tren, sudah cukup,” terangnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Rey itu bilang, bahwa pada Yaris ini baru berani melakukan modifikasi secara pol-polan. Setidaknya membutuhkan waktu pengerjaan lebih kurang 3 bulan. Seperti ini modifikasi yang dilakuk an Rey pada kendaraan gaulnya. • (otomotifnet.com)

Wide BodY
Ketika memilih pelek superlebar untuk Yaris, mau tidak mau bodi kudu mengalami penyesuaian. Tentu enggak boleh sembarangan. Harus diukur dengan pas, agar didapat tarikan bodi yang sesuai dan enggak terlalu lebay. Pengerjaannya dipercayakan pada workshop Auto Arizona di Condet, Jaktim. Sudah berpengalaman, kru Auto Arizona enggak kesulitan melakukan apa yang diinginkan si empunya kendaraan.

Di bagian depan, Rey memperkirakan, bodi hatchback kesayangannya itu lebih lebar 15 cm. Sementara pada bagian belak ang, bodi ditarik keluar sampai 20 cm. Kelar urusan tarik menarik, cat berwarna ungu diguyurkan pada seluruh bodi. “Enggak ada alasan k husus soal pemilihan kelir tersebut,” jelas pria yang hendak menyelesaikan pendidikan pasca sarjananya itu.

Air Suspension 4 Titik
Penggunaan suspensi model statis, bukan hal yang diinginkan oleh Rey. Ganti dengan air suspension 4 titik adalah ubahan yang diinginkan pada bagian kaki-kaki. Kru Nana Per di Ciracas, disambangi untuk melakukan seting air suspension pada Yaris. Cara yang dilakukan, pada posisi 0 psi alias paling ceper, pelek yang dipasang harus sesuai, Maksudnya dalam kondisi tersebut pelek harus menempel pada bibir sepatbor.

Pelek Superlebar
Memang terkesan memaksakan, ketika Rey memilih pelek superlebar ke bodi Yaris. Spesifikasi pelek berlabel Viena bergaris tengah 18 inci yang dipasang enggak tanggungtanggung. Memiliki lebar 11 inci di bagian depan, sedangkan belakangnya 13 inci!

Karet hitam yang dipasangkan pada pelek bagian depan dan belakang berbeda. Enggak ada alasan khusus, tapi yang pasti bikin tampilannya terlihat ‘narik’. Ban depan menggunakan Accelera berukuran 215/40R18. Di belakang, pelek superlebar itu dipakaikan ban berlabel Toyo Proxes 295/55R18.

Audio System
Jok belakang dipaksa untuk menerima tawaran pensiun dini. Itu karena bagian tesebut akan diisi dengan audio system beserta boksnya. Ada 4 subwoofer berukuran 12 inci yang dipasang dan speaker pendukung. Semuanya menggunakan produk dari Rockford. Beberapa power 4 channel dipasang untuk dapatkan kualitas suara yang bagus dan itu semuanya menggunakan barang dari Venom.

Data Modifikasi

Eksterior
Wide bodi 15 dan 20 cm, body kit custom fiberglass, kelir ungu

Interior
Door trim custom bahan orisinal, jok lapis kulit, peredam custom

Kaki-kaki
Pelek Viena 18 inci, lebar 11 dan 13 inci, ban depan Accelera 215/40-18, belakang Toyo Proxes 295/55-R18, Air Suspension Viair 4 titik
Audio Head unit Pioneer DIVX, Sub Woofer Rockford, Speaker Rockford, Power Venom 4 Channel

EDITOR

Otomotifnet

Top