Jumat,14 Okt 2016 11:02 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Toyota Yaris S A/T 2006 Full Modif, Dipakai Harian

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Full Modif

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Bodi

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Interior

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Kaki-kaki

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Karbon

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Mesin

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Pokoknya total berubah,” ucap Aldino Marashuda, sang pemilik.

Demi jadi seperti sekarang, enggak hanya 1 modifikator yang disambangi, setidaknya ada 4 workshop yang ikutan

Jakarta - Total waktu yang dibutuhkan sekitar 8 bulan, untuk mengubah Toyota Yaris keluaran 2006 siap untuk show off. “Dari standar langsung di-upgrade eksterior, interior, kaki-kaki. Pokoknya total berubah,” ucap Aldino Marashuda, sang pemilik. Meski ubahannya terbilang total, namun konsep dasar yang ingin ditonjolkan enggak tertutupi. Yup, pria berbadan bongsor ini memang ingin kendaraannya digarap dengan konsep street racing.

Selain itu, ada pesan khusus yang harus bisa diaplikasikan. Terutama saat setelah semua mpodifikasi sudah dilakukan. “Harus bisa dipakai buat kendaraan harian,” tegas si empunya kendaraan tipe S bertransmisi A/T tersebut. Tertarik molongok lebih dalam? Monggo disimak gan.  Kyn/otomotifnet.com

Eksterior

Sepertinya bagian ini yang paling banyak menyita waktu pengerjaan. Pasalnya di sini terlihat banyak sekali ubahan yang dilakukan dan bisa dibilang enggak main-main. Semua ubahannya terlihat sangat mencolok. Seperti pada bagian pintu yang tadinya ada 4 buah, kini dijadikan 2 saja. Apa yang dilakukan ini, mau tidak mau harus memodifikasi pintu jadi lebih panjang.

Tentu berimbas pada posisi pilar B. “Dengan menambah panjang pintu, maka posisi pilar B diputuskan untuk mundur sebanyak 15 cm,” terang Leo Sugandhi, karib si pemilik kendaraan. Oleh karena posisi pilar B berubah, diputuskan juga untuk bikin atap Yaris nampak lebih ceper. Caranya enggak lain dengan melakukan chop top sebanyak 12 cm. Sekalian dibikin lebih keren, makanya atap dibolongi untuk dudukan sunroof.

Seluruh dimensi pintu berubah, efeknya tentu kaca standar Yaris enggak bisa dipakai. Misal bagian kaca belakang yang harus pakai versi custom, yang pastinya disesuaikan dengan modifikasi yang sudah dilakukan.
 
Bodi

Pemakaian pelek lebar plus suspensi udara, mau tidak mau harus melakukan ubahan pada bagian bodi. Fokus ubahannya sudah barang tentu enggak lari dari bagian fender. Di bagian luarnya, custom fender yang dilakukan membuat bagian ini melar sampai 10 cm. Baik itu di bagian depan maupun bagian belakang.

Semetara custom yang dilakukan pada sisi bagian dalam fender adalah dengan mencoak lebih kurang 10 cm. Hal ini dilakukan supaya ban enggak mentok saat diajak amblas maksimal (tekanan air sus 0 psi). Hiasannya, airbrush di sekujur bodi dengan motif api, membuat konsep street racing lebih kelihatan sangar. Apalagi di antaranya ada gambar-gambar tengkorak, seperti di film Ghost Rider yang pemeran utamanya dimainkan oleh Nicolas Cage.
 
Interior

Sesuai dengan konsep yang ingin ditonjolkan, maka bagian dalam juga diisi hal-hal yang berbau racing. Seperti pada bagian jok yang menggunaka produk bikinan Bride. Safety belt Takata 4 titik, menggantikan bawaan pabrik. Tak lupa juga dilakukan pemasangan roll-bar 4 titik dan biar mencolok, bagian tersebut diguyur dengan kelir gold.

Enggak ingin bagian dalam kelirnya belang, maka bagian plafon juga dimodifikasi. Ditutup dengan bahan yang kelirnya sama dengan jok, yakni merah.
 
Kaki-Kaki

Dengan alih-alih agar tetap nyaman saat dipakai untuk harian, maka dipakai air suspension. Produk berlabel Viair 4 titik menggantikan sistem suspensi bawaan pabrik Toyota. Pelek yang dipakai berdiameter 18 inci dengan lebar tapak depannya 10,5 inci dan bagian belakangnya 12,5 inci. Menggunakan tapak selebar itu, maka suspensi butuh penyesuaian, khususnya bagian belakang supaya enggak mentok ke bodi.

Big brake kit AP Racing diandalkan untuk sistem pengereman. Spesifikasi yang dipakai adalah yang memiliki kaliper dengan 6 piston dan diameter cakram 358 mm.
 
Mesin

Di balik kap mesin karbon yang dibuka secara motorized, juga dilakukan ubahan yang enggak sedikit. Sistem turbo dipasangkan untuk dapat meng-upgrade performa standar mesin. Beberapa merek part yang mengikuti pemasangan ini, seperti blow off HKS, piggyback Dastek, exhaust system HKS, oil cooler dan intercooler Greddy, open filter HKS dan lain-lain. Custom dilakukan pada bagian piping saja.
 
Karbon

Oleh karena beberapa bagian enggak tertutup airbrush, maka terlihat adanya pemakaian bahan carbon. Misal di bagian engine bonnet, panel fender kiri juga kanan, bumper depan dan belakang. Enggak hanya itu saja yang pakai carbon. Bagian dalaman juga banyak yang menggunakan carbon, di antaranya door trim dan semua hal yang adanya di dasbor.

Data Modifikasi
Eksterior: Wide body custom, engine bonnet carbon, panel fender carbon, bumper carbon, sunroof Hyundai, pintu custom, kaca custom
Interior: Dasbor carbon, door trim carbon, shift knob custom KIMBO, rollbar custom 6 titik
Kaki-kaki: Pelek work Meister R18, Air suspension Viair, ban Accelera 215/40R18 dan 235/40R18, Big brake kit AP Racing
Mesin: Blow off HKS, piping custom, exhaust HKS, piggyback Dastek, oil cooler Greddy, intercooler Greddy

Plus: Tampilan keren dengan banyak aksen carbon
Minus: Tema airbrush kurang menyatu dengan konsep modifikasinya

EDITOR

Bagja

Top