Minggu,29 Nov 2015 15:45 WIB

Penulis: parwata

Suzuki Ertiga GL M/T 2013, Aliran Asal Bagus

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Spoiler Modulo juga di-custom sehingga pas buat Ertiga

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Mesin standar, tapi tetap pasang strut bar

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Pelek AR Evolution 18 inci, kaki-kaki jadi kekar

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Audio kosmetik dibikin ngejreng

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Spoiler Modulo juga di-custom sehingga pas buat Ertiga

Dengan pemikiran modifikasi yang sederhana, maka bagian eksterior kendaraan bertransmisi manual itu diubah agar terlihat lebih sporti

Jakarta - Mengubah tampilan Suzuki Ertiga tipe GL miliknya, Sutarno enggak menjuju pada satu konsep modifikasi. “Pokoknya terlihat bagus dan enak dilihat mata saja,” ucap pria asli Boyolali, Jateng ini.

Cara yang dilakukan, yakni dengan memasangkan body kit custom berbahan fiberglass. Bagian belakang juga enggak luput dari kesan sporty. Spoiler Modulo di-custom sedemikian rupa, sehingga bisa diaplikasikan ke Ertiga.

Dasar doyan oprek kaki-kaki, bagian ini pun dikerjakan sendiri. “Tampil ceper seperti yang banyak digandrungi pecinta modifikasi. Tapi harus tetap nyaman untuk dikendarai,” jelas Arno, panggilan akrabnya.

Modalnya tetap menggunakan sokbreker bawaan Ertiga. Caranya dengan men-custom posisi mangkok dudukan per. Selain posisinya diturunkan, lubang baut dudukan soknya juga ditambah.

Per tetap menggunakan bawaan Ertiga. Soal penambahan lubang baut, dilakukan karena ingin cepernya terlihat maksimal.

Urusan custom mangkok dudukan per, enggak asal alias sembarangan. “Agar saat belok, ban enggak beradu dengan sepatbor depan bagian dalam, maka harus disesuaikan dengan penggunaan pelek. Saya pakai AR Evolution 18 inci dengan ban 225/40R18,” terang Arno.

Lanjut ke bagian interior, audio sistem jadi kekuatan ubahan di bagian dalam. Hal itu juga yang kemudian membuat bagian jok belakang dialih fungsikan.

Itu dilakukan agar, boks kosmetik bisa ditempatkan rapi. Subwoofer berlabel JBL 12 inci sebanyak 2 buah, speaker dari Venom 10 buah tertata rapi. Power yang dipakai juga dari merek JBL 4 channel sebanyak 2 buah.

Hasilnya saat pintu bagasi dibuka, orang yang sedang lewat pasti langsung melirik. Selain memang boks kosmetiknya desainnya rapi, juga penggunaan kelir oranye yang menghipnotis. • (otomotifnet.com)

Plus:
- Konsep sederhana tapi enak dilihat

Minus:
- Interior tengah ke depan kurang digarap maksimal

DATA SPESIFIKASI:

Ban: Falken 225/40-18 Pelek: AR Evolution Body Kit: Custom Spoiler: Modulo Speaker: Venom Subwoofer: JBL Power: JBL Jok: MBtech Strut Bar: Custom

EDITOR

Otomotifnet

Top