Senin,11 April 2016 10:10 WIB

Penulis: Otomotifnet

Toyota Caldina 1.8 1994, Bukan Wagon Biasa

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Interior masih mulus banget, seperti mobil baru

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Fog lamp OEM Caldina di bumper depan, cukup sulit dicari

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Door visor OEM Toyota di ke empat pintu bikin tampilan jadi beda

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Crossbar OEM Carina E Wagon di atap penegas identitas

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Tampilan depan sama seperti Absolute Corona, belakang jelas beda! Hehehe...

Disinyalir hanya ada dua Caldina wagon ini di Indonesia, tapi pemiliknya tetap memberikan sentuhan personal di mobil langka ini

Jakarta - Awal OTOMOTIF kenal dengan Tegar Soguruta Zainal sekitar 5 tahun silam, ketika itu ia masih memiliki Toyota Great Corolla Wagon berwarna silver. Dari situlah tahu kalau Tegar, panggilan akrabnya, memiliki beberapa mobil lainnya yang juga jenis station wagon. Nah, kali ini Tegar memamerkan koleksi terbarunya, yaitu Toyota Caldina wagon.

Toyota Caldina 1.8 ini adalah versi wagon dari Toyota Absolute Corona di Indonesia, setahu saya sekarang cuma ada dua di sini,” ucap Tegar. Wah, rare dong ya! Mobil yang diperoleh dari kedutaan Jepang di Indonesia ini merupakan yang full spec. “Sudah mengadopsi full time 4WD, transmisi matiknya ada opsi power dan manual tapi kapasitas mesinnya 1.800 cc, kalau yang di sini 2.000 cc,” tukas pria 25 tahun ini.

“Modifikasinya lebih ke menambahkan aksesori opsional juga, jadi bukan yang custom,” bilang pria berkaca mata ini. Jadilah ia memasang bullbar asli Aldina berikut fog lamp-nya, “Nitip teman pas lagi ke Thailand, di sana pas ada yang jual,” bisiknya. Sekalian saja ia juga menambahkan fog lamp OEM Caldina di bumper depannya.

Keren! Lalu di bagian atap ia juga menambahkan crossbar OEM Toyota Carina E wagon yang melintang di atas roofrack aslinya, tak lupa ia juga menambahkan cover Thule biar makin kelihatan rare. Sementara di ke empat pintu dipasang door visor OEM dari Toyota. Masuk ke interiornya yang masih mulus seperti mobil baru, terlihat Tegar sudah mengganti setirnya.

“Saya pasang setir Toyota Corolla AE111 BZR, modelnya lebih keren dan sporti, lagipula masih keluarga Toyota juga,” bilangnya beralasan. Selebihnya semua masih standar, hanya fotografer muda ini menambahkan head unit OEM Toyota Prado dan tweeter di bagian depan. Pelek enggak ikutan diganti? “Enggak lah, justru pelek OEM Caldina ini lebih langka, sekilas modelnya mirip OEM-nya Supra kan? Hehehe,” kekeh Tegar menutup pembicaraan. Setuju! • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi

Eksterior
Bullbar Caldina plus foglamp, foglamp OEM
Caldina, crossbar OEM Carina E Wagon plus
cover Thule, door visor OEM Toyota

Interior
Setir AE111 BZR, headunit OEM Toyota Prado,
pelek OEM Caldina 14 inci, Tweeter

Plus:
- Mobil langka tetap dimodifikasi

Minus:
Cukup sulit mendapatkan aksesorisnya

EDITOR

Bagja

Top