Jumat,8 Jan 2016 11:05 WIB

Penulis: parwata

Toyota Starlet 1.3 SE 1991 Proyek 24 Tahun

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Mesin 5E-FTE dengan turbo dan intercooler, kencang!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Interior campuran antara Starlet GT dengan Starlet Glanza

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Jok Recaro eks Starlet GT Advance, depan belakang loh!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Beli halfcut plus atap, enak dapat sunroof original Starlet GT

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Hasil proyek selama 24 tahun yang tak berujung. Sekarang masih ada finishing yang harus diselesaikan

Tangan pertama dari baru, modifikasinya selalu berkiblat ke tahun 1990-an

Jakarta - Bertemu teman lama memang menyenangkan. Seperti halnya ketika OTOMOTIF bertemu dengan Dudi, pemilik Toyota Starlet berwarna putih yang sangat dicintainya ini. “Starlet ini gue pakai dari baru waktu SMA, dari dulu warnanya memang putih,” ujar Dudzki, sapaan akrabnya. Setelah berkali-kali dimodifikasi dengan berbagai gaya, akhirnya Dudzki memilih untuk memodifikasi lebih serius lagi. “Kali ini gue mau lebih detil, temanya lebih ke tampilan Starlet GT,” bisiknya.

Akhirnya hatchback ini pun dibawa ke bengkel body repair, langsung ditelanjangi hingga tersisa frame aslinya saja. “Sengaja dibuka semua karena gue mau ganti halfcut Starlet GT, dan juga biar catnya detail sampai ke dalam,” tukas pria 41 tahun ini. Lalu halfcut Starlet GT dipasang ke bodi. Setelah semua pas, baru dicat putih solid dari Spies Hecker.

Kemudian head lamp berikut grill dan stop lamp Starlet GT dipasang. Atap juga dijebol untuk pasang sunroof loh! Mesinnya dipasang eks Starlet GT seri 5E-FTE dengan transmisi matik ECTS. Agar performanya meningkat, ditambahkan custom exhaust manifold sampai ke muffler Fujitsubo Giken, kabel busi TRD, juga koil Jacobs Ultra dan modul pengapian MSD-6AL. Agar suplai bensin tidak tekor, dipasang juga Walbro fuel pump. Terakhir barulah interior digarap. Sepasang jok Recaro eks Starlet GT Advance langsung dipasang. “

Jok belakang juga eks Starlet GT Advance nih!” tuturnya. Lalu setir diganti dengan OEM Starlet Glanza EP91 berikut spidometer TRD eks Starlet GT EP82. Ternyata proyek yang dinamakan “24th Years Project” ini masih belum selesai. “Masih ada yang kurang sedikit, ini masih dalam tahap finishing,” bilang pemukim di Joglo ini. Ckckck... • (otomotifnet.com)

Plus:
- Aliran modifikasi sesuai tahunnya, semua aksesori asli

Minus:
- Beberapa detail belum selesai

Data Modifikasi:

Mesin: 5E-FTE turbo intercooler, matik ECTS, custom exhaust manifold, TRD spark plug cable, Jacobs ultra coil, MSD-6AL, Walbro fuel pump, Fujitsubo Giken exhaust pipe and muffler Interior: Setir OEM Starlet Glanza EP91, TRD EP82 speedometer cluster, Recaro OEM EP82 GT front and rear seat, sunroof OEM EP82 Eksterior: Halfcut Starlet GT EP82, TRD T3 15x6,5 inci, TRD stabilizer, Tein flex coilover suspension EP82

 

EDITOR

Bagja

Top