Kamis,4 Feb 2016 16:30 WIB

Penulis: Bagja

Ada Wanita Dibalik Mobil-Mobil Hot

Foto: CNN

Acura memilih seorang wanita bernama Michelle Christensen sebagai perancang eksterior NSX ini

"Industri otomotif secara tradisional didominasi oleh desainer laki-laki, padahal, banyak perempuan yang merancang mobil.

Apakah mobil Anda dirancang oleh seorang pria atau wanita?"


Jakarta - Anda mungkin sudah pernah berpikir tentang hal itu atau jangan-jangan malah tidak tau sama sekali siapa yang mendesain mobil hot kesayangan anda?

Desain yang baik adalah desain yang baik, ia melampaui gender dan semua orang tahu itu ketika mereka melihatnya. Jika Anda melihat Acura NSX, bisa Anda ceritakan itu dirancang oleh seorang wanita atau seorang pria?. 

Desainer wanita
Michelle-christensen, wanita dibalik sport car Acura NSX

Acura NSX berlabur warna merah yang hot ini bisa dibilang mobil yang paling penting dan akan diperkenalkan tahun depan sebagai model 2017.

Ini adalah mobil macho yang parau secara desain dan sangat menyiratkan kinerja yang cepat, jauh dari kesan 'kewanitaan'. Dan fakta bahwa Acura memilih Michelle Christensen sebagai perancang eksterior NSX ini, sudah berbicara banyak tentang terobosan wanita yang akhirnya memposisikan dirinya di kalangan atas desainer otomotif.

Desainer wanita
Desainer Wanita di Industri Otomotif

Memang mayoritas pekerjaan eksterior adalah pria. Tapi tetap, sebagian besar desainer mobil wanita dipekerjakan untuk melakukan dekorasi sebuah mobil. Mereka memilih kain kursi, memilih warna eksterior, dan secara umum, mengawasi pengembangan interior agar serasi dengan eksterior.

Tapi tetap saja persepsi perancang mobil adalah pria. Bahkan, kalaupun ada wanita di departemen desain sebuah perusahaan otomotif, perlu usaha yang sangat-sangat ekstra agar bisa muncul ke permukaan. 

Desainer wanita
Desainer Wanita di Industri Otomotif

"Percayalah, itu bukan karena kita tidak mau mengakui perempuan. Ini paparan budaya dan perempuan tampaknya tidak memikirkan desain otomotif saat mendaftar sekolah seni," komentar Steward Reed yang mengepalai transportation department di Art Center College of Design in Pasadena, California.

"Kami tampaknya memberikan jenis mainan yang berbeda untuk anak laki-laki dan anak perempuan. Pada akhirnya membentuk jenis pilihan karir mereka yang berbeda pula dikemudian hari," tambahnya.

Desainer wanita Ada desainer wanita dibalik mobil sangar ini
Desainer wanita di industri otomotif

Tentu Reed, yang telah memimpin departemen Transportasi Art Center selama satu dekade, ingin lebih banyak perempuan di sekolahnya. Meski dirinya tau, secara kultur gadis-gadis muda tidak akan pergi ke sekolah seni untuk membuat truk.

"Dan saya tidak mendengar adanya hambatan bagi wanita untuk masuk departemen desain sebuah produsen mobil. Justru pembuat mobil akan senang untuk memiliki lebih banyak perempuan. karena saat ini gagasan, 'oh, dia hanya seorang wanita, sudah lama hilang.'" paparnya. 

Desainer wanita
Ada desainer wanita dibalik mobil sangar ini

Apa yang menginspirasi perempuan untuk mengejar karir desain otomotif? Adalah fakta bawah kini semakin banyak wanita yang sudah melahirkan mobil-mobil yang justru secara tampilan sangat laki-laki. Ya, ada wanita dibalik mobil-mobil hot.

EDITOR

Bagja

Top