Kamis,22 Sept 2016 14:00 WIB

Penulis: Bagja

Ada yang Kurang Sedikit Soal Keamanan Daihatsu Sigra

Foto: ADLISAL RIVAI

Buritan Daihatsu Sigra

Jakarta - Bicara mobil baru, saat ini fitur keselamatan sudah menjadi salah satu hal yang wajib. Begitu juga dengan Daihatsu Sigra, yang sebenarnya sudah tidak perlu diragukan urusan keamanannya, hanya saja masih ada kurang sedikit nih.

Sebelumnya, coba kita perhatikan apa saja fitur keselamatan pada Daihatsu Sigra, baik yang aktif maupun yang pasif. Paling pasaran, Dual Airbags, tentu sudah terdapat di bagian depan Daihatsu Sigra.

Begitu juga dengan rem ABS, sudah menjadi fitur standar Daihatsu Sigra, sama halnya dengan Toyota Calya. Namun, ada sedikit kekurangan yang kedepannya sebenarnya mudah saja untuk diaplikasikan Daihatsu.

Yakni soal kelengkapan seatbelt. Dengan tiga baris kursi yang tersedia, Daihatsu memang tak salah mengklaim kalau seat belt tersedia untuk semua baris kursi, karena memang pada kenyataannya pada tiap baris kursi mulai dari depan sampai belakang sudah tersemat seatbelt.

Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra

Tapi kalau dicermati, sayangnya pada baris kedua dan ketiga, hanya tersedia masing-masing dua seatbelt tiga titik dengan pretensioner dan force limiter. Yakni untuk penumpang kanan dan kiri kursi saja--minus bagian tengah.

Padahal, kursi baris kedua dan ketiga disuguhkan untuk diduduki tiga orang penumpang, namun khusus untuk penumpang yang duduk di tengah, belum ada seatbelt yang melindunginya saat berkendara.

"Itu bagian dari hasil riset kami, kalau seatbelt penumpang tengah sebenarnya tidak terlalu sering digunakan, sehingga kami merasa belum terlalu perlu untuk memasangnya. Tapi kalau memang nantinya diperlukan, kita sangat siap memasangnya," ujar Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM.

Bagaimana menurut anda, perlukan Daihatsu melengkapi semua kursi Daihatsu Sigra dengan seatbelt? (otomotifnet.com)

 

EDITOR

Bagja

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top