Kamis,15 Sept 2016 15:00 WIB

Penulis: Bagja

Agar Tidak 'Amblas', Bisakah Suspensi Toyota Calya Pakai Punya Avanza?

Foto: CALSIC

Bagian belakang Toyota Calya 'amblas' saat diisi penumpang full

Jakarta - Kalau merasa Toyota Calya 'amblas' bagian belakangnya kalau diisi penumpang full, mungkin langsung berfikir bagaimana cara mengakalinya. Toyota sendiri menyarankan, pengguna mengetahui kapasitas angkut maksimalnya yakni tak lebih dari 500 kg.

Namun ada beberapa pemilik yang sempat berfikir untuk menggunakan suspensi Toyota Avanza untuk Toyota Calya agar tidak 'amblas' dan handling lebih stabil. Bisakah suspensi Toyota Avanza dipakai pada Toyota Calya?

"Waduh, sayangnya kita belum ukur ya. Di data teknis juga belum ada. Tapi kalau kasat mata, ukurannya berbeda. Toyota Calya lebih kecil diameternya, baik tabung maupun per," General Repair Service Manager, Workshop Department, Technical Service Division, PT Toyota Astra Motor Iwan Abdurahman.

Sehingga kalaupun dipasang sepertinya tidak cocok, kecuali dengan Toyota Agya ukurannya mirip. Namun menurut Iwan, setingannya pasti berbeda, sebab Toyota Calya dirancang untuk tujuh penumpang, jadi sudah pasti diset lebih keras. "Kalau pakai punya Agya malah makin amblas," terangnya.

Nah, berarti harus mencari alternatif lain kalau mau melakukan penggantian komponen suspensi. Tidak bisa pakai punya Toyota Avanza, apalagi punya BMW yang banyak digunakan untuk Toyota Avanza selama ini agar handling dan redaman suspensi jadi lebih baik. (otomotifnet.com)

Toyota Calya
Suspensi belakang Toyota Avanza terlihat lebih besar
Toyota Calya
Suspensi belakang Toyota Calya lebih kecil dari punya Avanza

 

EDITOR

Bagja

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top