Senin,22 Feb 2016 18:00 WIB

Penulis: Bagja

Akhirnya Raja Minyak Arab Bisa Pakai Supercar Buatan Negeri Sendiri

Foto: Elibriea

Mobil nasional pertama Qatar langsung supercar

Abu Dhabi - Mobil-mobil mewah sekelas supercar sudah tak asing seliweran di jalan-jalan raya negara Teluk yang kaya minyak seperti Qatar. Bahkan, kepolisian di Dubai juga sudah menggunakan Lamborghini.

Meski begitu, semua mobil-mobil mewah tersebut diimpor dari berbagai negara di dunia. Namun mulai tahun ini, semua itu akan berubah. Para raja minyak di Arab akhirnya bisa pamer supercar buatan negaranya sendiri.

Namanya Elibriea. Sebuah supercar yang sejak dari konsep sampai pembuatan dikerjakan di Qatar. Sudah diresmikan di Qatar Motor Show 2016 di Doha, akhir Januari lalu. Prototipe supercar berlapis emas ini dirancang untuk menyerupai pesawat jet tempur siluman, dibekali mesin V8 dengan tenaga 525 dk.

Elibriea
Elibriea

Pengembangannya membutuhkan waktu sampai 2 tahun. Awalnya merupakan gagasan pemuda 27 tahun Abdul Wahab Ziaullah, warga Pakistan di Qatar yang lulus dengan gelar di bidang teknik dari cabang Texas A&M di Doha.

Ziaullah pertama menggambar sketsa supercar masa depannya lebih dari satu dekade lalu, saat ia masih di SMA. Desainnya yang futuristik dan "Made in Qatar" tampaknya mengesankan banyak pengunjung di pameran mobil.

"Ini adalah prototipe canggih yang dapat diterima pasar dan diproduksi secara profesional," komentar Imad Hashim, Corporate Communication Manager Ali Bin Ali Group, kepada Reuters awal bulan ini. "Ide ini tidak akan berhenti di sini pada tahap prototipe. Ini memiliki potensi besar untuk tumbuh. Prestasi bagi negara" tambahnya.

Elibriea
Elibriea tampak belakang

Sama dengan di Indonesia ketika klaim mobil nasional muncul, respon terhadap supercar Qatar ini pun tak semua baik. Tidak semua orang menyukai, karena dianggap desainnya punya tampang mengerikan. Bahkan, salah satu situs otomotif menulis judul "Apakah ini supercar paling jelek di dunia?".

Namun Ziaullah menangkap semua kritik tersebut dengan tenang. "Fakta bahwa ada sekelompok besar orang yang mencintai desain mobil ini sudah lebih dari cukup bagi saya untuk terus mengembangkannya," katanya. 

Dia berharap konsep mobil barunya akan menarik bagi pembeli niche, dan berencana untuk mulai melesatkan ke pasar akhir tahun ini. Hmm, jadi iri sama Qatar, mobil nasional pertamanya langsung berjenis supercar! 

EDITOR

Bagja

Top