Senin,1 Feb 2016 13:15 WIB

Penulis: Bagja

All New pajero Sport 4x2 ke 4x4 Sampai Beda Rp 100 Jutaan Lebih, Kenapa?

Foto: Bagja

All New Pajero Sport

Jakarta - All New Pajero Sport ditawarkan dalam 4 varian tipe, mulai dari Dakar sebagai tipe tertinggi dan GLX sebagai tipe terendah. Buka harganya mulai Rp 446 juta untuk tipe Exceed 4x2 AT dan termahal Rp 623 juta untuk Dakar 4x4 AT.

Secara harga pun sangat-sangat bersaing dengan All New Fortuner. Namun, ada yang menarik perhatian OTOMOTIFNET. Kenapa beda harga antara tipe Dakar 4x2 AT dengan Dakar 4x4 AT sangat jauh ya? Kalau dihitung, beda sekitar Rp 127 juta. Bisa beli satu mobil LCGC tuh!

Kenapa sih Mitsubishi, kok beda harganya bisa jauh? "Perbedaan harga terbilang banyak karena memang ada perbedaan teknologi pada kedua varian tersebut. Terutama pada sistem 4x4 yang terdapat pada All New Pajero Sport," ujar Corporate General Manager of Mitsubishi Motors Corporation Koichi Namiki.

Seperti kita tau, All New Pajero Sport Dakar 4x4 AT sudah disematkan fitur Super Select 4WD II. Fitur yang punya fungsi untuk mengatur perpindahan sistem penggerak roda pada SUV andalan Mitsubishi ini.

Fitur All New Pajero Sport
Super 4WD Select II, salah satu fitur unggulan All New Pajero Sport

Super Select 4WD II terdiri dari 2H (gerak dua roda belakang), 4H (gerak empat roda), 4HLC (gerak empat roda dengan center differential lock), dan 4LLC (gerak empat roda dengan differential lock untuk medan berat).

Super Select 4WD II yang digunakan Mitsubishi Pajero Sport terbaru juga menawarkan mode pengemudian yakni Gravel, Mud/Snow, Sand and Rock (khusus 4LLC) yang bekerja bersama Active Stability dan Traction Control (ASTC).

Kalau penyematan fitur Super Select 4WD II saja biayanya mencapai ratusan juta, mungkin wajar kalau KTB akhirnya tidak memaksakan untuk juga menghadirkan fitur-fitur canggih lainnya, yang sekiranya belum dianggap perlu di Indonesia.

Sementara sistem penggerak 4x4 standar saja sudah mahal, yakni yang terdapat pada tipe GLX 4x4 MT yang banderolnya bahkan melebihi tipe diatasnya, yakni Exceed 4x2 AT. Ada selisih mencapai Rp 49 jutaan. Padahal transmisi masih manual dan kelengkapan fitur GLX tidak akan selengkap Exceed.


Harga dan tipe All New pajero Sport:

GLX 4x4 MT Rp 495 juta
Exceed 4x2 AT Rp 446 juta
Dakar 4x2 AT Rp 496 juta
Dakar 4x4 AT Rp 623 juta

EDITOR

Bagja

Top