Kamis,10 Nov 2016 12:00 WIB

Penulis: Advetorial

All New Toyota Hilux Sang Penakluk Segala Medan

  • Foto: Istimewa

    Lingkar setir sudah dibalut kulit untuk kenyamanan ekstra dan steering switch yang mempermudah mengontrol audio sambil menyetir

  • Foto: Istimewa

    Easy 4x4 Switch dengan kenop memberikan kemudahan untuk memindahkan dari penggerak roda belakang, empat roda hingga low range dengan shift on the fly hingga 100 km/ jam

  • Foto: Istimewa

    Varian tertinggi 2.5 V memiliki instrument cluster yang dilengkapi multi information display full color dengan layar TFT LCD

  • Foto: Istimewa

    Mesin diesel 2KD-FTV D-4D dengan tenaga 144 ps (142 dk) dan torsi 35 Kg.m (343,2 Nm) dari Variable Nozzle Turbo-nya memiliki ketangguhan yang sudah dibuktikan di Grand New Fortuner VNT

  • Foto: Istimewa

    Dimana lagi menikmati fitur mewah seperti head unit layar sentuh 6,1 inci AVX dengan DVD, CD, USB, AUX, AM/FM, SD Card, Bluetooth & iPod Ready dan jok kulit di dalam sebuah pikap?

  • Foto: Istimewa

    Pelipatan fleksibel jok tengah dengan konfigurasi 60:40 dapat memasukkan lebih banyak barang sambil tetap memuat penumpang tambahan

  • Foto: Istimewa

    Kemampuan melewati genangan air hingga700 mm membuktikan ketangguhannya menjelajah medan off-road

Menjadi tangguh tidak pernah hadir dengan kenyamanan, kemewahan dan kedinamisan seperti ini

Jakarta - Baik di Indonesia maupun global, eksistensi Toyota Hilux sangat kuat sebagai pikap di dunia kendaraan komersial. Bukan hanya karena tingkat reliability yang sangat bisa diandalkan, terus dikembangkannya hingga kini sudah generasi ke-8 membuktikan masyarakat mempercayainya sebagi kendaraan tangguh yang menggugah.

Kini dengan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang sama dengan All New Kijang Innova dan All New Fortuner, All New Hilux hadir dengan tampilan yang semakin modern dan dinamis, bahkan menghadirkan unsur emosional para pengendara karena kesan gagah dan tangguh yang dimilikinya.

Tentu selain kentalnya desain Keen Look terbaru Toyota, pemakaian alloy wheel berukuran 17 inci pada All New Hilux Double Cabin varian G dan V juga menambahkan kesan gagah. Unsur kenyamanan juga turut dihadirkan pada kedua varian tersebut dengan pemakaian foglamp dan cover spion berlapis krom dan lampu sen yang sangat jarang dihadirkan di sebuah pikap.

Namun ketika sebuah pikap tangguh sudah terdengar biasa, pabrikan Jepang raksasa ini juga memadukan unsur kenyamanan pada setiap line-up Hilux teranyar yang tersedia sekarang. Dimulai dari pemindahan tuas transmisi yang kini lebih pendek dan tinggi, sehingga mengoperasikannya lebih mudah dan ringan, hingga tidak terasa seperti mengendarai mobil komersial.

Begitu juga dasbor yang didesain lapang dengan lingkar kemudi yang terasa mantap ketika digenggam, melengkapi suspensi dan struktur bodi yang dikembangan ulang agar selain semakin kokoh, juga mampu melewati medan berat dengan kenyamanan maksimal. Apa jadinya sebuah kendaraan komersil yang tidak bisa mengarungi setiap medan?  Toyota pun memastikan semua pengguna All New Hilux untuk menjadi penakluk medan berat sekali pun dengan usaha minimum.

Fitur Komplet

Untuk setiap varian 4x4, kini telah dilengkapi mekanisme pemindah penggerak roda dengan Easy 4x4 Switch. Cukup memutar kenop di sebelah kanan kontrol AC, pengemudi dapat mengaktifkan penggerak empat roda atau low-range gearbox sekalipun. Berbagai fitur pendukung penjelajahan 4x4 juga disematkan pada All New Hilux, misalnya Rear Differential Lock System yang akan mengunci diferensial belakang agar mudah melewati medan berlumpur, Hill Start Assist Control (HAC) yang dapat mencegah kendaraan mundur ketika melewati tanjakan curam, hingga Vehicle Stability Control (VSC) .

Tentu semua fitur di atas baru dapat diandalkan jika jantung penggerak All New Hilux ini bisa dipercaya untuk melewati medan berat. Untungnya, mesin diesel D-4D yang digunakan terkenal tahan banting sambil menghasilkan performa maksimal, getaran dan suara yang halus, hingga efisiensi konsumsi bahan bakar.

Jangan lupa, bukan Toyota namanya kalau paket lengkap di atas belum disambangi oleh fiturfitur keselamatan. All New Hilux memiliki safety features yang sudah ditingkatkan, seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distributuin (EBD) untuk semua tipe, Brake Assist dan VSC pada tipe V, Dual Airbags dengan knee Airbag, hingga Curtain Airbag layaknya mobil mewah pada tipe V.

Berbicara mewah, hal-hal seperti Advanced Audio System dengan layar sentuh 6,1 inci AVX yang bisa memutar DVD, CD, USB, AUX, AM/FM, SD Card, Bluetooth dan iPod Ready pun hadir di varian flagship untuk menunjukkan craftmanship-nya. Varian V pun sudah dilengkapi transmisi otomatis 5-percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic, sedangkan yang lainnya dipasangkan ke transmisi manual 6-percepatan yang memastikan ketangguhannya dalam menjangkau medan yang lebih sulit.

Mendukung segi dinamis dari tampilannya, All New Hilux disediakan dalam empat pilihan warna yaitu Super White II, Silver Metallic, Gray Metallic dan Attidude Black Mica. Untuk tipe V pun tersedia warna eksklusif yakni Crimson Red Metallic. Hmm, adakah pilihan lain yang menawarkan kenyamanan, kemewahan, sekaligus kedinamisan di dalam ketangguhan yang pasti seperti pada All New Toyota Hilux ini? • ADV

Data Spesifikasi

Mesin: 2KD-FTV Diesel 4-silinder segaris 2.494 cc dengan Variable Nozzle Turbocharger
Output Maksimum: 142 dk @ 3.400 rpm
Torsi Maksimum: 343 Nm @ 1.600–2.800 rpm
Transmisi: Manual 6-percepatan / Otomatis 5-percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic
Dimensi (p x l x t): 5.355 mm x 1.855 mm x 1.815 mm
Dimensi Bak: 1.525 mm x 1.540 mm x 480 mm
Wheelbase: 3.085 mm
Ground Clearance: 279 mm
Approach & Departure Angle: 31°& 26°
Wading Depth: 700 mm
Sistem kemudi: Rack & Pinion
Suspensi Depan: Double Wishbone
Suspensi Belakang: Leaf Spring Rigid Axle
Rem Depan / Belakang: Ventilated Disc / Drum dengan ABS dan EBD
Ukuran Ban: 265/65 R17
Kapasitas Tangki: 80 liter

EDITOR

panji

Top