Kamis,25 Feb 2016 18:15 WIB

Penulis: Bagja

Apa Keuntungan Pajero Sport "Made in Indonesia" Bagi Mitsubishi?

Foto: Bagja

All New Pajero Sport masih diimpor dari Thailand

Jakarta - Seperti kita tau, All New Pajero Sport yang dipasarkan di Tanah Air saat ini masih diimpor langsung dari Thailand. Namun mulai April tahun depan, Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akan memproduksi lokal SUV andalannya ini. Apa keuntungannya?

Gambaran paling umum, masyarakat taunya kalau mobil sudah diproduksi lokal setidaknya bakal punya harga yang lebih murah daripada yang diimpor langsung. Namun, menurut KTB, jutsru bukan soal harganya saja, tapi ada keuntungan lain.

"Waduh kalau soal harga kita belum hitung, masih lama. Pastinya bisa lebih murah atau dikonversi dengan penambahan fitur tertentu, semuanya masih mungkin," ujar Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group KTB. 

Baca juga: Suplai Lancar, Mitsubishi All New Pajero Sport Cuma Inden Sebulan

Namun Imam lebih menyoroti hal lain, seperti komunikasi yang bisa lebih mudah dan intens, karena tak harus repot-repot berkordinasi dengan luar negeri. "Kalau ada apa-apa jadi lebih cepat, order juga lebih mudah tinggal bilang ke pabrik, juga jadi lebih fleksibel dalam segala hal," ujar Imam.

Produksi All New Pajero Sport "Made in Indonesia" akan dimulai pada April 2017 di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat. Pembangunan pabrik baru ini merupakan hasil kerja sama PT KTB dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC). 

Berdiri di atas lahan seluas 30 hektar, dengan investasinya mencapai Rp 6 triliun, pabrik ini bisa memproduksi mobil hingga 160 ribu unit per tahun dan mampu menyerap 3.000 tenaga kerja.‎ 

Nantinya, pabrik tersebut akan memproduksi mobil jenis low MPV, SUV Pajero Sport, dan LCV L300.

EDITOR

Bagja

Top