Senin,10 Okt 2016 12:15 WIB

Penulis: Bagja

Apa yang Berubah Dibalik Kap Mesin Toyota Vios Dual VVT-i Terbaru?

Foto: Paultan

Mesin Dual VVT-i Toyota Vios Facelift

Jakarta - Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia dikabarkan sedang menyiapkan Toyota Vios facelift dengan sejumlah ubahan, salah satunya sektor mesin. Nah, apa sih yang berubah di balik kap mesinnya?

Secara kapasitas mesin, mungkin masih sama, yakni 1.5 liter. Namun, kita akan menemukan dua ubahan besar yang mempengaruhi karakter mesin ini secara keseluruhan. Mesin berbahan campuran aluminium berkode 2NR-FE Dual VVT-i, sudah dipakai pada Toyota Sienta.

Mesin ini juga menggusur mesin 1NZ-FE VVT-i pada Toyota Vios sebelumnya. Revisi yang dilakukan mencakup pengaturan klep masuk dan buang yang keduanya kini sudah diatur komputer.

Mesin tersebut juga dilengkapi dengan busi iridium, lengan roller rocker, pelumasan pada piston ditingkatkan, ruang bakar dibuat lebih melancip, dan ada lapisan resin pada piston, tujuannya mengurangi gesekan dan meningkatkan efisiensi.

Mesin Dual VVT-i Toyota Vios Facelift
Mesin Dual VVT-i Toyota Vios Facelift

Namun semua ubahan pada mesin tersebut tidak mempengaruhi tenaga maksimalnya, yang bahkan malah jadi turun tenaganya, dari sebelumnya 109 dk menjadi 107 dk. Begitu juga torsinya yang semula 141 Nm kini menjadi 140 Nm.

Tapi ubahan tersebut diklaim membuat efisiensi bahan bakarnya jauh lebih hemat. Torsi juga dibuat lebih menyebar ke berbagai putaran mesin, terutama ketika dikawinkan dengan transmisi CVT dengan 7 percepatan mode manual sequential.

Angka konsumsi bahan bakar resminya memang belum diumumkan oleh Toyota, namun klaimnya dikabarkan terjadi peningkatan mencapai 18 persen dari model sebelumnya. (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top