Senin,9 Nov 2015 13:49 WIB

Penulis: bagja otomobil

Audi Mau Bikin R8 Versi Murah

Foto: autoevolution

Audi Mau Bikin R8 Versi Murah


Jakarta - Meski baru sebatas rumor, namun kalau informasi ini kejadian tentu saja bakal membuat semakin banyak orang pecinta mboil sport Audi sumringah. Soalnya, Audi R8 yang ikonik akan dibuat versi murahnya.

Utamanya yang ditawarkan pada Audi R8 versi murah ini adalah kapasitas mesin yang lebih kecil. Kalau sebelumnya dibekali mesin 4,2 liter FSI V8, maka untuk versi murah mesin yang ditaman hanya berkapasitas 2,5 liter. Rumornya, bukan konfigurasi V yang digunakan, tapi lima silinder segaris.

Mesin lima silinder tersebut sudah dibekali e-Turbo agar punya performa yang khas mobil sport. Lalu, seberapa powerfull Audi R8 versi murah yang menggunakan bassis mesin lebih kecil ini?

Lagi-lagi, tujuan Audi adalah mencari keseimbangan antara tenaga, efisiensi bbm dan juga harga jual. Nah, diatas kertas, penggunaan e-Turbo bisa membuat mesin 2.5 liter tersebut memproduksi tenaga sebesar 420 dk. 

Sistem e-Turbo sendiri bekerja dengan memanfaatkan lebih banyak aliran udara ke dalam mesin dengan bantuan kompresor elektrik, bukan dengan sirkulasi gas buang yang dimanfaatkan untuk memutar turbin pada turbocharger. Memerlukan sirkuit listrik khusus untuk mengaktifkannya.

Keuntungannya adalah e-turbo diklaim menghilangkan hampir semua gejala turbo lag. Konsep ini ketika dicoba pada Audi TT menawarkan tenaga mesin lebih dari 600 dk dari mesin yang sama 2,5 liter. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top