Kamis,14 April 2016 14:00 WIB

Penulis: Bagja

Laporan Langsung IIMS 2016

Ban Serep Toyota Sienta Beda Ukuran, Melanggar Aturan?

Foto: Bagja

Toyota Sienta mulai diperkenalkan

Jakarta - Hal unik lain yang OTOMOTIFNET temukan pada Toyota Sienta selain MID yang bisa menyapa, adalah ban cadangan alias ban serep. Nah, ketika dicermati, ban serep Toyota Sienta lebih kecil dari ban yang terpasang. Melanggarkah?

Ban serep sebenarnya penting saat kondisi darurat. Tapi entah kenapa jarang terperhatikan. Orang yang membeli mobil pun menjadikan ban serep sebagai urutan ke sekian belas untuk dicermati.

Ban serep Toyota Sienta terdapat di bawah bagasi belakang. Lipat dulu kursi baris ketiga, kemudian angkat penutup lantai. Barulah kita temukan ban serep Toyota Sienta. 

Eits, tapi kok lebih kecil ya dari keempat ban yang terpasang? Ukuran ban serep Sienta 16 inci 195/55 pada tipe Q dan 15 inci 185/60 pada tipe E. Karena ada dua ukuran ban, maka ban serep juga seharusnya tersedia ukuran 15 inci dan 16 inci.

Ban Sienta yang terpasang ukurannya 15 inci 185/60 untuk tipe E dan G, dan 16 inci 195/50 untuk tipe V, kemudian 16 inci 195/55 untuk tipe Q. Semua yang terpajang di IIMS 2016 terdapat ban serep, tapi dengan satu ukuran saja, yakni 16 inci. Secara diameter sama, meski lebar tapak dan tidak sama. Tidak masalah.

Tapi disini masalahnya. Untuk tipe V dan Q yang ban terpasangnya berukuran 16 inci tak ada masalah. Tapi bagaimana dengan tipe E dan G? Ban serep berukuran 16 inci tapi ban yang terpasang 15 inci.

Toyota Sienta
Ban cadangan Toyota Sienta

Ada aturan soal ban serep pada sebuah kendaraan. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Pada PP Pasal 47 (2) dijelaskan, ban cadangan dapat memiliki lebar tapak yang berbeda dengan ban yang terpasang pada kendaraan tersebut tetapi memiliki diameter keseluruhan sama.

Nah, kalau memang semua ban cadangan Sienta berukuran 16 inci semua, maka khusus tipe E dan G akan melanggar aturan, karena diameter ban serep dan ban terpasang tidak sama. 

Waduh, kalau ketahuan pada mobil anda membawa ban cadangan beda ukuran, sanksinya pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Selain itu, secara safety pun menggunakan ban beda ukuran diameter bisa membuat handling jadi sangat buruk. Dan ingat, ban cadangan sifatnya hanya darurat sementara, sampai menemukan bengkel terdekat. 

Jenis ban serep yang digunakan Sienta adalah Space Saver. Sesuai namanya, jenis ban serep seperti ini diperuntukan untuk menghemat ruang di dalam kabin karena tidak memakan banyak tempat. Berat yang jauh lebih ringan juga jadi keunggulan dari jenis ban Space Saver ini.

Sayangnya, karena diperuntukan untuk menggantikan ban yang sedang rusak saja, peruntukkannya pun tidak dapat dipakai terus-terusan. Kebanyakan ban serep Space Saver hanya dapat dipakai dengan kecepatan maksimum 80 km/jam.

EDITOR

Bagja

Top