Kamis,14 April 2016 14:30 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Laporan Langsung IIMS 2016

Bedah Head Unit Toyota Sienta, Sudah Ada Apple CarPlay?

Foto: Sano

Bedah Head Unit Toyota Sienta, Sudah Ada Apple CarPlay?

Jakarta - Mengulik head unit pada Toyota Sienta tipe Q, ternyata cukup banyak fitur unik loh. Setelah mencari tahu lebih dalam, HU yang digunakan bermerek Kenwood, namun sudah didesain khusus agar bisa terintegrasi di fascia tengah Sienta.

Dari luar, terlihat jelas terdapat slot USB dan HDMI yang diberi cover. Slot HDMI yang diberikan dapat digunakan untuk mirroring dari smartphone berbasis Android yang sudah mendownload aplikasi bernama "Kenwood Smartphone Control", dapat dilihat pada menu yang mencantumkan pilihan "Mirroring".

Toyota Sienta
Phone Mirroring atau yang biasa dikenal Mirrorlink pun sudah ada

 

Selain itu, opsi yang lebih mainstream seperti radio, CD, iPod dan Bluetooth pun tersedia. Begitu juga input AV (Audio Video) 1 dan 2. Pada varian Q yang dicoba otomotifnet, sudah ada fitur navigasi juga loh.

Namun bagian paling menarik justru ada ketika masuk ke menu "Setup", lalu ke "AV". Terdapat setting yang bertuliskan CarPlay Connection yang dapat di on/off kan. Wah, sudah bisa Apple CarPlay nih?

 Bisa Menyapa
Tersembunyi di Setup, sudah bisa pakai Apple CarPlay nih?

Buat yang belum familiar, Apple CarPlay merupakan fitur untuk menampilkan layar dari device iOS, seperti iPhone atau iPad, ke layar head unit via kabel Lightning, namun dengan tampilan yang lebih minimalis dan sudah dioptimalkan untuk penggunaan dalam mobil. Fitur Siri Eyes Free pun sudah terintegrasi dalam CarPlay.

Kalau benar sudah bisa, Sienta bakal jadi mobil pertama di Indonesia yang menawarkan fitur CarPlay nih. Fitur ini pun jelas bakal memudahkan setiap pengguna iOS untuk mengoperasikan media selama di perjalanan.

Selain CarPlay, fitur-fitur yang sebelumnya hadir pada HU All New Innova dan Fortuner seperti Gesture Control pun hadir, meskipun belum ada Air Gesture. 

EDITOR

Bagja

Top