Rabu,25 Mei 2016 13:15 WIB

Penulis: Bagja

Bedah Mesin Toyota Calya, Lebih Bertenaga dari Datsun GO+ Panca

Foto: Istimewa

Tampak belakang MPV Murah 7 seater Toyota

Jakarta - Secuil informasi yang didapat OTOMOTIFNET, MPV murah 7 penumpang Toyota Calya bakal menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Etios, yakni mesin NR series berkapasitas 1.2 liter. Namun mesin ini sudah mengusung teknologi Dual VVT-i.

Lho, Toyota Etios kan mesin 1.2 liter yang diusungnya belum ada teknologi VVT-i, apalagi Dual VVT-i. Tenang, Toyota memang merancang mesin berkode 3 NR-FE ini dari awal untuk mengusung teknologi tak hanya VVT-i, tapi bahkan Dual VVT-i.

Mesin ini punya konfigurasi 4 silinder dengan kapasitas 1.197cc. Dengan teknologi Dual VVT-i, selain lebih efisien konsumsi bahan bakarnya, juga kompresi ruang bakar jadi naik, mencapai 11,5:1. 

Mesin Dual VVT-i
ilustrasi Mesin Dual VVT-i

Sehingga, mesin berkonfigurasi 4 silinder ini haram nih minum bensin Premium. Namun efek yang didapat, akselarasi bisa lebih mumpuni karena ruang bakar lebih padat. 

Tenaga yang dihasilkan mesin ini bisa dua pilihan, pertama 80 Dk dan satu lagi 86 Dk. Sedangkan torsinya ada yang 104 Nm pada putaran 3.100 RPM, juga 108 Nm pada putaran 4.000 RPM.

Sebagai perbandingan, Datsun GO+ Panca mengusung mesin dengan kapasitas 1.198 cc yang dibulatkan jadi 1.2 liter dengan konfigurasi 3 silinder. Mesin ini punya tenaga sebesar 68 dk dan torsi 104 Nm.

Selain digunakan untuk Toyota Etios (tanpa VVT-i), mesin yang sudah Dual VVT-i sudah juga dipakai Toyota Yaris di Thailand. 

EDITOR

Bagja

Top