Senin,9 Mei 2016 15:00 WIB

Penulis: Bagja

Bersiap, Toyota Sienta Kedatangan Honda Freed Baru di Agustus

Foto: Istimewa

bocoran Honda Freed disalah satu majalah di Jepang

Tokyo - Toyota Sienta sudah lebih dulu dilenggangkan di Tanah Air. Sedang pesaingnya Honda Freed masih mengandalkan model yang sama sejak pertama hadir di Indonesia. Namun di Jepang, kemunculan model terbarunya dikabarkan sebentar lagi.

Salah satu bocoran dari Jepang, Honda sedang mempersiapkan kehadiran Honda Freed model baru untuk diluncurkan pertama kali di dunia di Jepang pada Agustus 2016 ini. Kabar ini semakin kuat karena penjualan Honda Freed model saat ini akan dihentikan di Jepang mulai Juni 2016.

Ini pun seperti yang pernah diungkap Presiden dan CEO Honda, Takahiro Hachigo, yang mengatakan kalau model terbaru dari Honda Freed akan hadir akhir tahun ini. 

Apa saja yang berubah? Tampangnya masih menawarkan kesan kotak khas mini van. Hanya saja dibuat lebih berotot dan mengadopsi nuansa futuristis. Sayang, usungan fitur-fitur barunya belum terungkap. Pastinya, pintu model geser tetap jadi andalan seperti halnya Toyota Sienta.

Namun, salah satu ubahan terbesar ada pada sektor mesin. Kapasitas mesin Honda Freed yang selama ini 1.5 liter dipangkas hanya menjadi 1.0 liter saja dengan konfigurasi 3 silinder, tapi sudah disokong turbo. 

Diprediksi, mesin baru ini bisa menghasilkan daya sebesar 127 dk. Lebih bertenaga dari Honda freed bermesin 1.5 liter saat ini yang tenaganya hanya 118 dk. Bersanding dengan transmisi otomatis CVT.

Kabinnya juga akan berubah. Nuansa kabin yang lebih sporty akan ditawarkan. Mungkin Honda juga akan mengadopsi sporting touch-sensitive buttons seperti yang kita lihat pada Honda Jazz dan Honda City.

Kalau benar nantinya Agustus 2016 ini akan hadir, maka hanya tinggal menunggu waktu untuk juga hadir di Indonesia. Paling cepat, kemungkinan awal tahun depan. Jadi, sementara ini Toyota Sienta masih bisa bernafas lega.

EDITOR

Bagja

Top