Jumat,27 Nov 2015 14:00 WIB

Penulis: bagja

Berusia Hampir 70 Tahun, Land Rover Defender Siap 'Pensiun'

Foto: the Telegraph

Marilyn Monroe sempat menjadi bintang Land Rover Defender

London - Mobil ikonik penjelajah segala medan Land Rover seri Defender sedang berbenah untuk mempersiapkan diri menyambut 'pensiun'. Land Rover mengumumkan akan menghentikan produksi seri Defender mulai Januari 2016.

Pemesanannya sendiri sudah ditutup sejak Juli 2015 lalu. "Ini saatnya untuk pindah ke bab baru," ujar Head of Engineering Jaguar Land Rover, Nick Rogers, sambil menyebutkan perusahaan kini sedang menyiapkan model baru penggantinya.

Keputusan pensiun Land Rover Defender sendiri bukan karena kurangnya permintaan, atau bahwa insinyur Land Rover bosan dengan mobil yang itu-itu saja. Namun lebih kepada penyesuaian era saat ini, dimana mobil hybrid plus regulasi emisi membuat Land Rover Defender dianggap sudah tidak cocok lagi.

Land Rover Defender (awalnya disebut Land Rover Ninety dan Land Rover One Ten) adalah kendaaan off-road serbaguna berpenggerak 4 roda yang dikembangkan dari Land Rover Series yang telah muncul sejak tahun 1948.

Model ini diperkenalkan tahun 1983 dengan nama Land Rover Ninety dan Land Rover One Ten. Ninety dan One Ten menggantikan pendahulunya Land Rover Series, dan pada saat kendaraan ini diluncurkan, model Land Rover lain yang tersedia hanya Range Rover.

 

Land Rover Defender
Land Rover Defender custom, khusus dibangun untuk ulang tahun ke-80 Winston Churchill

 

Land Rover diciptakan dalam bayangan Perang Dunia II. Terinspirasi oleh Jeep Amerika yang membanjiri Eropa selama perang, Land Rover Defender dibuat dari aluminium, yang materialnya didapat dari masyarakat Inggris yang rela panci dan wajan mereka disumbangkan.

Land Rover mengatakan akan terus menggunakan nama Defender untuk penerusnya. Mobil ini sudah terjual sebanyak 2 juta unit diseluruh dunia dan 75 persen diantaranya masih seliweran di jalan, sehingga diprediksi hingga tahun 2070 pun anak cucu kita masih bisa melihat warisan legendaris sebagai mobil produksi massal terlama. (Bagja)

EDITOR

Bagja

Top