Jumat,8 April 2016 10:15 WIB

Penulis: Bagja

Laporan Langsung IIMS 2016

Bikinan Anak Bangsa, Komponen Lokal Toyota Sienta Mencapai 70 Persen

Foto: Harryt

Toyota Sienta mendapat perlakuan khusus

Jakarta - Toyota Sienta dihadirkan di Indonesia langsung untuk dibuat di Tanah Air. Karenanya, komponen lokal yang terkandung pada mini van Toyota ini langsung bisa dominan.

Toyota mengatakan, Sienta yang dijual di Indonesia diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Produksinya melibatkan sekitar 130 suplier sehingga komponen lokalnya mencapai 70 persen lebih.

"Eksterior, interior, hingga mesin sudah dibuat di Indonesia. Sistem kelistrikan saja yang belum dibuat di sini," ujar Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Toyota juga mengatakan kalau Sienta sudah disesuaikan dengan pasar Indonesia, termasuk keputusan meniadakan Captain Seat pada baris kedua, serta meninggikan ground clearence sehingga setara Honda Freed, yakni 170 mm.

Secara desain pun, aerokit Toyota Sienta disebutkan dirancang oleh anak bangsa. Terdapat divisi khusus yang disiapkan untuk menangani Sienta, baik dari mesin hingga pembuatan desain. 

“Iya kita punya otonomi desain dari TMC. Produk ini awalnya memang diperuntukkan pasar Jepang, tapi kita sesuaikan dengan need pasar Indonesia. Mereka memberikan otorisasi, untuk dilakukan additional desain,” tutup Yui Hastoro, Director Purchasing, Engineering, Quality Assurance Project Planning & Management, Internal Audit TMMIN.

EDITOR

Bagja

Top