Sabtu,19 Sept 2015 16:05 WIB

Penulis: bagja otomobil

Bisa Berubah Bentuk Saat Ngebut, Ini Teknologi Aerodinamis Canggih dari Mercy

Foto: autoevolution

Bisa Berubah Bentuk Saat Ngebut, Ini Teknologi Aerodinamis Canggih dari Mercy


Frankfurt - Sebagai tuan rumah di Frankfurt Motor Show 2015, tentu pabrikan Jerman Mercedes-Benz tak mau sekedar memajang kendaraan andalan apa adanya. Sejumlah inovasi teknologi pun dipamerkan, termasuk mobil konsep yang satu ini.

Canggih, karena Mercedes-Benz seolah sudah menemukan cara untuk membuat mobil selalu melaju dengan tingkat aerodinamis paling optimal. Karenanya, teknolgi yang mereka sebut IAA diwujudkan pada sebuah mobil konsep.

IAA sendiri merupakan singkatan dari Intelligent Aerodynamic Automobile, sehingga memungkinkan mobil merubah bentuknya saat melaju pada kecepatan tinggi, agar selalu optimal dalam membelah angin.

Coba perhatikan cara kerja mobil konsep ini. Saat berjalan perlahan, mobil ini tak lain dari sedan 4 pintu, yang seketika bisa berubah saat kecepatan 80 kpj. Hampir semua panel yang terdapat pada eksterior langsung membentuk wujudnya sendiri guna menurunkan hambatan angin dari 0,25 menjadi 0,19, cukup drastis.

Mercedes-Benz seolah selangkah lebih maju dari sekedar menawarkan fitur aerodinamis aktif seperti beberapa pabrikan lain. Namun, dengan mengusung intelligent, tentu saja aerodinamis Mercy IAA ini seolah 'lebih hidup' dan 'lebih pintar'.

Belum diketahui kapan Mercedes-Benz akan memproduksi massal konsep IAA yang kabarnya menggunakan mesin hybrid bertenaga 279 dk. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top