Kamis,11 Agust 2016 18:36 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Mobil Baru Tengah Tahun 2016

BMW Dengan Bentuk Paling Eksotik Sedunia, Cuma Dibanderol Rp 3,499 Miliar

Foto: Fransiscus Rosano

Akhirnya BMW i8 diperkenalkan secara resmi ke masyarakat Indonesia

Tangerang - Kalau ditanya, BMW yang memiliki bentuk paling eksotik dan tidak wajar yang kini diproduksi? Tidak lain, jawabannya pasti jatuh ke BMW i8.

Tidak heran, sport coupe hybrid yang satu ini sering salah dianggap sebagai sebuah mobil konsep karena bentuk nyelenehnya. Dan akhirnya, masyarakat Indonesia pun bisa menikmati BMW i8 ini.

“Tahun 2016 ini, BMW merayakan moto ‘The Next 100 Years’. Sambil menengok ke masa depan, kita akan melihat konsep mobilitas berubah secara drastis karena kemajuan teknologi dan perubahan permintaan customer, sehingga mobilitas diarahkan menjadi konsep yang lebih versatile,” terang Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia saat peluncuran BMW i8 di GIIAS 2016.

BMW dengan bentuk eksotik ini memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2, sedangkan dimensinya sepanjang 4,689 m, lebar 1,942 m dan tinggi 1,297 m ala-ala super car.

BMW i8 diproduksi dengan bodi yang sangat ringan karena memakai struktur CFRP (Carbon Fibre Reinforced Plastic) untuk bahan yang lebih ringan namun sama kuatnya dengan baja.

Sedangkan paling unik adalah mesin yang digunakan. BMW memasangkan mesin 3-silinder segaris seperti di MINI, dengan kapasitas 1.500 cc yang dipasangkan TwinPower Turbo yang tenaganya dibengkakkan hingga 231 dk dan torsi 320 Nm.

Kemudian yang menaikkan performanya hingga klaim angka 0-100 km/jam hanya 4,4 detik, adalah dua motor elektrik dengan tenaga maksimum 131 dk dan bisa diaktifkan dalam electric mode hingga kecepatan maksimal 120 km/jam dan jarak 37 km.

Kabar yang menyenangkan, BMW dengan tampang supercar ini dibanderol hanya dengan harga Rp 3,499 miliar off the road loh! Not bad bila dibandingkan supercar sungguhan yang harganya bisa mencapai Rp 6-8 miliar.

EDITOR

Bagja

Top