Senin,28 Sept 2015 18:07 WIB

Penulis: bagja otomobil

Bosch Diduga Memberi Volkswagen Software Mesin Diesel Ilegal

Foto: Worldcarfans

Bosch Diduga Memberi Volkswagen Software Mesin Diesel Ilegal


Wolfsburg - Volkswagen (VW) yang sudah 'kepergok' membohongi pengujian emisi mesin diesel dengan menggunakan software khusus dari Bosch. Namun, ternyata pabrikan Jerman ini bandel, karena software khusus pengujian ini disematkan pada mobil produksi massal.

Meskipun Bosch diyakini bertanggung jawab untuk menciptakan software ini, namun hanya dikembangkan untuk tujuan pengujian, tapi pada akhirnya VW memutuskan untuk menggunakannya pada mobil produksi mereka. 

Padahal, kembali pada tahun 2007, Bosch sudah memperingatkan VW kalau langkah tersebut ilegal, tetapi VW mengabaikan peringatan tersebut dan tetap menginstal perangkat lunak tersebut di mobil-mobil produksi massal yang jumlahnya mencapai 11 juta unit.

Bahkan, peringatan lain datang pada tahun 2011 dari salah satu insinyur VW sendiri, tetapi sekali lagi tetap tidak digubris. Malah VW menginstal software tersebut tidak hanya ke mobil-mobil bermerek VW, tapi juga Audi, SEAT dan Skoda.

Awalnya, hanya mesin 2.0 TDI yang diselidiki, tapi sekarang mesin 1.6 TDI juga sedang dianalisis dan ada kecurigaan juga terhadap mesin 1.2 TDI. Selain itu, EPA baru-baru ini memulai penyelidikan baru ke mesin yang lebih besar 3.0 TDI, yang kemungkinan akan mengusik Porsche juga. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top