Jumat,25 Sept 2015 16:05 WIB

Penulis: bagja otomobil

Bukan Cuma VW, Tiga Merek Ini juga Disangka Berbohong

Foto:

Bukan Cuma VW, Tiga Merek Ini juga Disangka Berbohong


Jakarta - Volkswagen (VW) terancam dikenakan sanksi berat menyusul skandal manipulasi hasil standar emisi pada mobil-mobilnya menggunakan software khusus. Namun, bukan cuma VW karena ada beberapa merek lain yang juga disangka berbohong.

Transport & Environment (T&E) di Amerika Serikat telah menyebut nama-nama pabrikan lain, yakni Mercedes-Benz, BMW dan juga Peugeot, karena dicurigai melakukan kebohongan yang sama soal standar emisi gas buang seperti VW.

Cara bagaimana pabrikan mobil memanipulasi tes emisi juga dibeberkan. Diungkapkan, sebelum melakukan pengetesan, pabrikan sudah melakukan pengisian baterai, mengurangi hasil hingga 4 persen dari setiap pengujian dan menggunakan pengaturan laboratorium yang salah.

Misalnya Mercedes-Benz. Dikatakan T&E, hampir setiap model Mercedes saat tes jalan emisi CO2 hasilnya lebih tinggi sampai 50 persen dari hasil laboratorium. Pun begitu dengan BMW dan Peugeot, tidak berbeda jauh dengan Mercedes-Benz.

Bahkan, BMW dilaporkan dalam pengujian emisi menggunakan perangkat yang mirip digunakan oleh VW. (mobil.otomotifnet.com)
Top