Selasa,23 Feb 2016 15:00 WIB

Penulis: Bagja

Bukti Nyata Pentingnya Kursi Anak di Mobil untuk Keselamatan

Foto: Paultan

Bukti Nyata Pentingnya Kursi Anak di Mobil untuk Keselamatan

Jakarta - Bolehlah kalau mobil-mobil modern saat ini masih cenderung fokus melindungi penumpang dewasa di kabin mobil saat terjadi insiden, karena untuk perlindungan anak, dari beberapa data test crash masih lebih rendah.

Namun, konsumen tetap bisa mengoptimalkan keselamatan anak di dalam mobil dengan menggunakan kursi anak (Child Car Seat), terutama pada mobil-mobil yang sudah menyematkan fitur ISOFIX, maka kegunaan kursi anak untuk meningkatkan keselamatan akan optimal.

Mau bukti? Meletakkan kursi anak menghadap belakang terbukti telah menyelamatkan nyawa seorang anak saat terjadi kecelakaan di di Tacoma, Washington. Kecelakaan itu melibatkan bayi berusia dua tahun, yang hidupnya diselamatkan oleh kursi anak yang menghadap ke belakang.

Kylee Barrett, yang menceritakan kejadian pada media sosial, berada dalam mobil menuju sekolah, hanya lima menit dari rumah mereka. Tiba-tiba ada truk yang membuat sang pengemudi harus banting setir sehingga mobil terguling dan menabrak pohon.

Kursi anak untuk keselamatan
Saat kecelakaan mobil remuk, tapi bayi 2 tahun selamat berkat kursi anak

Sang bayi diletakkan pada kursi anak di kursi belakang mobil. Beberapa memar dan luka memang dialami sang bayi, namun selamat! "Bayi saya tidak apa-apa, dan saya bisa mengatakan karena dia menghadap ke belakang adalah alasan mengapa dia bisa selamat,"

Seorang pengguna media sosial lainnya turut mengomentari insiden tersebut. Dia mengatakan kalau kursi anak tersebut sebenarnya bukanlah kursi paling baik, karena secara harga pun hanya sekitar 100 USD, yang untuk pasaran Amerika termasuk murah.

"Itu memang bukan kursi anak yang baik, tetapi sebenarnya lebih menekankan pada titik bahwa anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menjaga anak anda aman di mobil. Cukup perhatikan cara menggunakannya dengan benar, agar kehidupan anak anda bisa diselamatkan," komentarnya.

Nah, di Indonesia pun yang akhir-akhir ini banyak terjadi insiden mobil, baik di jalan raya umum maupun jalan tol, penggunaan kursi anak harus lebih jadi perhatian, termasuk cara menggunakannya yang benar. Karena kita benar-benar tidak bisa mengharapkan 100 persen sistem keamanan bawaan pada sebuah mobil.
 

EDITOR

Bagja

Top