Selasa,24 Nov 2015 13:30 WIB

Penulis: bagja

Ciaz! Reinkarnasi Era Sedan Suzuki Kembali Dimulai

Halaman 1 dari 2

Foto: Bagja

Suzuki Ciaz

Jakarta - Sudah lama kiprah sedan Suzuki di Tanah Air--mungkin hampir satu dekade setelah terakhir tahun 2007 Neo Baleno diluncurkan di Tanah Air--sejak itu seolah tenggelam. Namun, reinkarnasi era sedan Suzuki sudah dimulai kembali.

Kiprah sedan Suzuki di Tanah Air tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski para pesaing dari Honda juga Toyota begitu kuat citranya di pasar, sedan Suzuki tetap bisa eksis, meskipun pada akhirnya harus selalu terpinggirkan.

Dua model paling populer dimulai pada era 1990an saat Suzuki melahirkan Suzuki Esteem. Mengusung kapasitas mesin 1.300 cc dan 1.600 cc. Keunggulan dari Esteem adalah komponen yang mudah didapat serta minim perawatan. 

 
Suzuki Esteem

Untuk mesin berkapasitas 1.300 cc mengusung tipe G13B dengan konfigurasi 4 silinder SOHC 16 valve berteknologi SOHC. Nah, untuk model Esteem GT telah mengusung mesin berkapasitas 1.600 cc. Pastinya, varian yang terakhir disebutkan memang lebih bertenaga. 

Sayangnya, model Esteem tenggelam oleh kepopuleran Baleno. Label terakhir cukup bisa dikatakan sebagai legendaris era 90an. Sampai akhirnya model Baleno Next-G berkapasitas mesin 1.500 cc hadir di tahun 2003. Lalu kemudian ditutup oleh varian Neo Baleno di tahun 2007.

Suzuki Baleno
Baleno Generasi ini yang paling populer, bahkan sampai sekarang

Puncak kemerosotan kiprah sedan Suzuki sebenarnya terjadi pada model Baleno Nex-G. Model buritan yang terlalu tinggi dengan desain rear lamp yang tidak biasa di zamannya, membuat model generasi ini kurang populer ketimbang Baleno sebelumnya. Padahal, Baleno Next-G sudah dilengkapi rem ABS dan EBD. Teknologi juga lebih baik ketimbang kendaraan sejenis saat itu.

Merespon cibiran pasar soal desain Baleno Next-G, pada tahun 2004, Suzuki melengkapi body kit, foglamp dan head unit double DIN. Tak juga mengangkat nama dari Suzuki Baleno.

Suzuki Baleno Next-G
Suzuki Baleno Next-G

Sampai akhirnya tahun 2007, Neo Baleno hadir sebagai penerus di pasar sedan 1.500 cc. Tampilan di generasi ini terlihat lebih bongsor dari versi sebelumnya. Selain itu, model headlamp dan rearlamp juga dibuat lebih modern. Namun tetap masih tenggelam dengan New Vios dan New City.

Setelah itu, tahun 2010 sedan Suzuki 'Dipensiunkan' dengan memberhentikan produksi dan penjualan Baleno. Maka pada fase ini habis sudah era sedan Suzuki di Tanah Air.

Halaman 1 2

EDITOR

Bagja

Top