Rabu,19 Okt 2016 15:08 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Crossover Murah Renault Kwid Diluncurkan, Ini 5 Hal Yang Membuatnya Spesial

Foto: Fransiscus Rosano

Meski diluncurkan dengan harga murah, Renault Kwid punya senjata-senjata ini untuk membuatnya menjadi menarik

Jakarta - Setelah rumor yang lama beredar mengenai crossover Renault yang akan dijual di Indonesia seharga LCGC (Low Cost Green Car), akhirnya PT Auto Euro Indonesia (AEI) resmi meluncurkan Kwid di negeri tercinta ini.

Yup, melihat bentuknya seperti crossover mungil yang memikat, OTOMOTIFNET.COM pun awalnya tidak percaya Renault Kwid bisa dijual dengan harga sangat terjangkau di Indonesia. Meski begitu, Kwid tetap memiliki beberapa senjata unggulan yang membuatnya pantas dilirik.

Apa saja? Berikut lima hal yang membuat Renault Kwid spesial:

1. Tampang Tangguh Crossover

Renault Kwid - Front
Tampang Renault Kwid sangat kental dengan aura crossover

Mulai dari segi eksterior. Renault Kwid jadi satu-satunya mobil di bawah Rp 150 jutaan yang dilengkapi tampilang tough ‘SUV’ look. Untuk varian tertinggi RXT, khas tangguhnya tersebut bisa dilihat mulai dari bumper depan dengan gril berstruktur bold-nya, fender, rumah foglights dan bumper belakang yang dilapisi skid plastik, hingga spion yang berkelir layaknya brushed silver.

 

2. Ground Clearance Tinggi

Renault Kwid - Rear
Sebagai crossover, Renault Kwid memiliki ground clearance 180 mm

Masih dari luar, Renault Kwid juga jadi salah satu mobil kompak di kelas kisaran harga di bawah Rp 150 jutaan yang memiliki ground clearance alias jarak terendah dari tanah tinggi, yaitu 180 mm. Bandingkan dengan Datsun GO di angka 170 mm. Hal tersebut bisa diperoleh dengan kombinasi suspensi MacPherson strut dengan lower transverse link di depan dan Twist beam suspension dengan coil spring di depan, juga penggunaan pelek berdiameter 13 inci dan profil ban 155/80.

 

3. Interior Sporty

Renault Kwid - Front Seat
Kombinasi warna hitam, abu-abu dan merah pada jok dengan support hingga mayoritas warna hitam pada kabin memberi aura sporty di dalam

Interior Renault Kwid didominasi oleh warna hitam, termasuk pada dasbor dan door trim, namun masih dimasukkan kelir putih pada pilar A dan langit-langit untuk kesan lebih luas. Namun yang paling membuatnya terlihat sporti adalah penggunaan jok fabrik yang memiliki kombinasi warna abu-abu dan merah dengan headrest terintegrasi.

 

4. Head Unit MediaNAV Lengkap

Renault Kwid - Head Unit
Head Unit MediaNAV sudah dilengkapi layar sentuh 7 inci serta berbagai fitur

Tidak seperti kebanyakan di price range-nya yang memiliki head unit Single-DIN atau Double-DIN biasa, head unit pada Renault Kwid varian tertinggi RXT memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti layar sentuh 7 inci, Bluetooth untuk streaming musik dan telepon handsfree, USB port, AUX input, hingga navigasi GPS. Bahkan alih-alih menggunakan HU murah, unit di Kwid RXT menggunakan jenis terintegrasi dari LG.

 

5. Detail-Detail Kecil

Renault Kwid - Dashboard
Berbagai hal minor yang membuat Kwid spesial

Kami juga suka berbagai detail minor yang diberikan Kwid. Misalnya seperti lampu sen di fender depan, kemudian bagian atas setir yang dilapisi kulit. Lalu ada kenop pengatur ketinggian headlights di bagian bawah pengemudi, spidometer digital hingga lampu sen yang sudah dilengkapi one touch triple turn signal. Belum lagi, di dasbor ada dua laci besar yang menambahkan tempat penyimpanan terbuka di tengahnya. Oh ya, ACnya sudah dilengkapi heater (penghangat) dan pengaturan arah angin ke bagian bawah mobil loh!

EDITOR

Bagja

Top