Rabu,29 Juni 2016 07:00 WIB

Penulis: Haryadi Hidayat

‘Diguyur’ Astra Daihatsu Motor, Xenia Tua Segar Lagi

Foto: Iday

Daihatsu Xenia Setia 2016

Empat Daihatsu Xenia tua dan lusuh ‘diguyur’ PT Astra  Daihatsu Motor (ADM)  dalam program Xenia Setia.

Mobil tersebut milik Susi Susanti asal Bogor, Gatot Darminto juga asal Bogor, Markus Philimon dari Cibinong dan Drs. Abrar M. Hum asal Cibubur.

Mereka memenangi program Xenia Setia periode pertama 2016 yang berlangsung Februari-Maret untuk wilayah Jakarta, Banten, Jabar dan Jateng.

Daihatsu Xenia
Susi Susanti dan Lusmanto sang suami berpose di dekat 'Xenia baru' mereka

Program ini merupakan apresiasi untuk pemilik setia Xenia yang menggunakan mobilnya dengan jarak tempuh terjauh dan rutin menservis di bengkel resmi.

Mobil dengan jarak tempuh terendah milik Susi Susanti yakni 265 ribu kilometer. Sementara terjauh milik Markus Philimon mencapai 394 ribu kilometer.

Xenia
Kedua pemenang, Gatot Darminto dan Markus Philimon (kanan) berdiskusi
xenia
Abrar M Hum dan istri menunjukkan kunci 'mobil baru' mereka

Nah, mobil para pemenang ini benar-benar diguyur (kata lain dicat ulang seluruhnya) dan direkondisi total sejeroan-jeroannya oleh teknisi ADM.

Keempat pemenang pun tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya saat menjumpai mobil lusuh mereka kembali segar dan kinclong maksimal dalam seremoni di Technical Service ADM di Sunter, Jakut (28/6).

Xenia Setia 2016
Seremoni program Xenia Setia 2016 di ADM Jakarta (28/6)

Untuk bikin muda kembali, lebih dari 200 komponen mobbil diganti. Terutama interior seluruh bagiannya diganti baru kecuali peranti audio.

Lalu eksterior dibikin mulus total, bahkan salah satu pintu bagasi milik pemenang yang penyok diganti baru.

Sementara di kolong, komponen penggerak dicek dan komponen kaki-kaki termasuk pelek serta ban diganti baru.

Selanjutnya kompartemen mesin, komponen yang berumur dibuang dan diganti baru. Dinding ruang mesin pun dicat ulang hingga sama persis dengan mobil baru keluar pabrik..

Disebutkan, nilai total rekondisi mobil-mobil ini mencapai Rp 70 juta rupiah per mobil.

Jadi kebayang kan nilainya. Sebagai contoh, Susi mengaku membeli Xenia yang ia gunakan untuk bekerja tahun 2004. Di mana saat itu harganya Rp 60 juta.

Daihatsu Xenia
Seluruh bagian interior termasuk konsol dan doortrim ganti baru

Bicara lama pengerjaan, proyek rekondisi ini memakan waktu selama dua bulan. Selama itu juga pemenang mendapat mobil pengganti untuk operasional harian mereka.

“Program ini ada sejarahnya. Bermula dari 10 tahun Xenia di Indonesia, waktu itu kami pikirkan program apa yang cocok untuk konsumen. Maka itu dibuat Customer Loyality Program,” terang Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation,

“Akhirnya ketemu program ini untuk memberi apresiasi kepada pengguna loyal. Dipilih siapa yg paling loyal bukan hanya terhadap produk tapi juga kepada bengkel resmi. Jadi saat itu kalau sudah sepuluh tahun maka kondisinya sudah turun maka kita buat kondisinya seperti mobil itu sepuluh tahun lalu,” lanjut Hendrayadi.

 

Daihatsu Xenia
Malam itu juga mobil diserahkan ke konsumen untuk segera dibawa pulang

Sementara periode kedua berlangsung April-Juni untuk wilayah lainnya yaitu Jatim, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua dengan total pemenang dua periode ini 12 orang.

Untuk peserta, tahun ini total ada 3.524 konsumen yang mendaftar dengan 12 pemenang. Sedangkan tahun lalu ada 2.011 peserta dengan 8 pemenang. Sebelumnya di 2014, ada 1.438 pendaftar dengan 9 pemenang.

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top