Kamis,10 Maret 2016 13:00 WIB

Penulis: Bagja

First Impression Honda CR-Z, Ubahan Melebihi "Minor Change"

Foto: Bagja

Honda CR-Z facelift resmi diluncurkan

Jakarta - Honda Prospect Motor (HPM) resmi sudah meluncurkan versi "minor change" pada CR-Z. Meski secara tampilan terkesan tidak ada yang berubah, namun Honda mengatakan, ubahan yang dilakukan bahkan melebihi istilah "Minor Change".

Artinya, banyak ubahan yang dilakukan insinyur Honda terhadap CR-Z agar membuatnya semakin menyenangkan untuk dikendarai. Garis bawahi ya, semakin menyenangkan dikendarai. Karena sedari awal memang itu tujuan Honda menawarkan CR-Z, sebagai sport car yang irit bahan bakar namun tetap menyenangkan untuk dikendarai harian.

"Sulit untuk menjawab berapa banyak ubahan yang dilakukan untuk CR-Z, saya sampai susah menghitungnya. Tapi begini, semua ubahan yang dilakukan bahkan lebih banyak dari yang kebanyakan disebut "Minor Change", lebih dari itu," ujar Kepala Perancang Honda CR-Z, Terukazu Torikai.

Honda CR-Z
Kepala Perancang Honda CR-Z, Terukazu Torikai

Tampang luarnya sekilas masih sama saja. Hanya ada efek lebih lebar pada bodinya. Ini berkat ubahan baru pada wajahnya, mulai dari aliran udara yang dibuat terlihat lebih besar, sampai penyematan diffuser seperti sayap pada bumper untuk meningkatkan aerodinamika mobil.

Masuk ke dalam kokpit berkapasitas dua penumpangnya, ada Center console yang diapit oleh kedua jok depan. Tuas rem parkir dihilangkan, sebagai gantinya adalah electric parking brake (EPB). Juga fitur baru Smart Entry and Push Button Start/Stop system.

Posisi duduknya tak beda jauh dengan model sebelumnya, masih menawarkan posisi duduk rendah ala mobil sport. Jok juga cukup untuk mendekap punggung. Meski sebenarnya terasa sempit, namun nuansa kokpit yang dipenuhi dengan tombol-tombol membuat ruang yang sempit terlupakan berkat kesan kokpit futuristis yang disuguhkan.

Honda CR-Z
Posisi duduk tetap nyaman, meski rendah dan tetap menawarkan karakter mobil sport

Melihat ke depan sangat jelas, meski moncong kap mesin tidak terlihat dari balik setir. Begitu juga ketika melirik ke samping, tidak diganggu pilar A. Lingkar setir berbahan kulit juga enak digenggam, sampai tuas transmisi yang lebih keren dengan aksen silver.

Sedang untuk hiburan kabin, terdapat audio layar sentuh 7 inci dengan fitur AV System with Mirroring yang dapat memainkan musik dalam bentuk format CD, DVD, MP3/WMA, USB, iPod / iPhone, Bluetooth,serta New HDMI Port& USB Ports (2 Ports).

Juga yang paling menawarkan kesenangan berkendara, ada tiga pilihan mode berkendara untuk CR-Z, mulai dari mode Normal, mode Sport dan mode ECON. Ketiganya menawarkan perbedaan karakter berkendara.

Honda CR-Z
Kokpit Honda CR-Z

Sayang, belum bisa dipakai jalan nih. Padahal, meskipun mesinnya masih sama, yakni mesin 1.5 liter i-VTEC yang berpadu dengan motor listrik Integrated Motor Assist (IMA) bertenaga 130 dk dan torsinya 190 Nm, Honda tetap menjanjikan sensasi berkendara yang berbeda dari model sebelumnya.

Ubahan yang disebut "Sport Ride" dari insinyur Honda untuk CR-Z meliputi sektor kaki-kaki, dengan memanjangkan rear tread sampai 10 mm. Penyempurnaan juga dilakukan pada damper dan spring rate bagian depan dan belakang untuk menambah kenyamanan berkendara.

Rem depan dan belakang juga dibesarkan, termasuk ukuran disk jadi lebih besar 14-15 inci, termasuk memperbesar ukuran kaliper rem. Hasilnya, dikatakan Honda ada keseimbangan sempurna antara handling sporti dan kenyamanan berkendara.

Honda CR-Z
Bagian belakang, terutama bumper juga dibuat lebih agresif dengan diffuser

Oiya, Honda CR-Z telah dilengkapi oleh ABS + EBD dan BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Active Headrest, Dual Front SRS Airbags, Side Airbagsdan Side Curtain Airbags.

Tertarik? Rogoh kocek Rp 535 jutaan untuk membawanya ke garasi rumah. 

EDITOR

Bagja

Top