Senin,1 Agust 2016 14:15 WIB

Penulis: Bagja

Fitur Ini Bikin Kabin Calya-Sigra Tetap Adem Tanpa AC Double Blower

Foto: Tim OTOMOTIFNET.com

brosur Toyota Calya

Jakarta - Mobil berjenis MPV sepertinya sudah wajib menggunakan AC double blower agar kabin bisa adem merata dari depan sampai belakang. Lalu bagaimana dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang tanpa AC double blower?

Tenang, ada fitur baru yang diklaim bisa membuat seluruh ruang kabin Calya-Sigra tetap adem meski tanpa AC double blower. Duo MPV murah kembaran ini sudah dilengkapi dengan sirkulasi udara yang corongnya terletak di atap kabin baris kedua.

Biasanya disitu diletakkan blower untuk pendingin kabin belakang. Namun khusus untuk Calya-Sigra, tidak ada knob untuk mengatur putaran kipas dan suhu, karena hanya terdapat corong sirkulasi untuk menghembuskan udara dingin.

Toyota Calya
Air Circulation pada Toyota Calya

Air Circulation tersebut, menurut Daihatsu berfungsi untuk menyerap udara dingin dari depan untuk kemudian dialirkan ke belakang melalui corong tersebut. sistem ini selain lebih ringkas juga mempercepat aliran udara dingin ke belakang.

Dengan penggunaan single blower, maka kompresor AC tidak perlu yang ukurannya besar. Selain tidak makan tempat, kinerja mesin pun tidak terganggu karena harus memutar blower ganda.

Efeknya secara teori, performa MPV bermesin 1.2 liter Dual VVT-i ini tidak akan terganggu secara performa maupun konsumsi bahan bakarnya.

Nah, apakah sistem ini nantinya efektif mendinginkan seluruh ruang kabin Calya-Sigra atau tidak, perlu pengetesan lebih lanjut. Sabar ya!

EDITOR

Bagja

Top