Selasa,24 Mei 2016 16:45 WIB

Penulis: Bagja

Fitur MPV Murah 7 Penumpang Tak Beda dengan Agya-Ayla

Foto: Istimewa

Tampak belakang MPV Murah 7 seater Toyota

Jakarta - OTOMOTIFNET sempat memprediksi kalau MPV murah 7 penumpang terbaru dari Toyota-Daihatsu akan menggunakan mesin--kemungkinan besar--berkapasitas 1.2 liter.

Kapasitas mesin tersebut dipilih karena sudah tersedia, bisa mencomot dari Toyota Etios, yakni mesin berkode 3 NR-FE Toyota Etios yang berkapasitas 1.2 liter. Dengan tenaga 80 dk, tentu sudah cukup untuk sebuah MPV. 

Mesin ini juga biayanya tidak terlalu mahal karena belum disematkan teknologi VVT-i. Sudah begitu, dibuat lokal di Indonesia. 

Selain itu, kapasitas ini dipilih sebagai pembeda dari sang adik, Agya-Ayla yang berkapasitas 1.0 liter dan sang kakak Avanza-Xenia yang berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Namun, khusus untuk Daihatsu bisa ada kemungkinan pilihan lain.

"Mesin pasti berbeda dengan Ayla, namun fitur-fiturnya sama saja. Mobil ini lebih unggul karena daya tampungnya, jadi fitur bisa disesuaikan," bisik sumber internal Daihatsu.

Baca juga: Tematis MPV Murah 7 Seater: Dua Pilihan Mesin MPV Murah Toyota-Daihatsu

Fitur seperti airbag, sudah pasti bakal menjadi standar MPV murah 7 penumpang ini. Sementara rem ABS, kemungkinan hanya beberapa tipe tertentu saja yang disuguhkan.

Begitu juga dengan power steering dan power window rasanya sudah menjadi kewajiban, tak terkecuali untuk mobil yang bermerek Daihatsu--biasanya posisi harga lebih murah dari Toyota.

Kemudian tawaran transmisi, bisa dipastikan akan tersedia dua pilihan, manual dan otomatis. Toyota dan Daihatsu tentu tidak mau mobil ini hanya tersedia versi transmisi manual saja, sehingga tak ada pembeda dari Datsun GO+ Panca.

Selain itu, kursi baris ketiganya semoga saja tidak hanya sebagai syarat, yang hanya bisa dimuati dua orang penumpang anak-anak. Setidaknya, kalaupun ditumpangi penumang dewasa, harus lebih nyaman dari Datsun GO+ Panca.

EDITOR

Bagja

Top