Rabu,30 Nov 2016 20:05 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Ford Fiesta 2017

Ford Fiesta Generasi Delapan Diumumkan, Ada Empat Varian

  • Foto: Ford

    Ford akhirnya mengumumkan secara resmi hatchback Fiesta di Jerman dan kali ini dibagi menjadi empat varian berbeda

  • Foto: Ford

    Ford Fiesta Titanium

  • Foto: Ford

    Ford Fiesta ST-Line

  • Foto: Ford

    Ford Fiesta Active Crossover

  • Foto: Ford

    Ford Fiesta Vignale

Cologne - Dalam event GoFurther yang diadakan Blue Oval di Cologne, Jerman, Ford akhirnya mengumumkan Fiesta generasi ke delapan.

Setelah tertangkap berbagai gambar spy shot-nya di dunia maya, akhirnya wujud resmi small hatchback Ford ini diperlihatkan pada event yang diadakan di fasilitas pabrik Cologne Niehl, alias yang menjadi rumah bagi Fiesta.

Yang menarik, Ford tidak hanya mengumumkan satu atau dua varian Fiesta saja, namun kali ini ada empat!

Ada apa saja?

Pabrikan Amerika Serikat ini membagi generasi selanjutnya adik Focus tersebut ke varian Fiesta Titanium, Fiesta ST-Line, Fiesta Vignale dan Fiesta Active Crossover.

Varian Titanium disebut sebagai ‘the stylish Fiesta’, kemudian ST-Line jadi varian yang terinspirasi Ford-Performance. Lalu Vignale jadi model upscale atau kelas atas, dan terakhir Fiesta Active Crossover yang didandani agar terlihat seperti crossover sesuai namanya.

Selain model berganti total yang disebutnya memiliki eksterior elegan, Ford juga memberikan interior yang ergonomis dengan perubahan paling terlihat seperti hadirnya head unit tipe floating atau iPad-like berlayar sentuh 8 inci dengan high definition pada pusat dasbor.

Sistem tersebut juga sudah dilengkapi sistem komunikasi dan hiburan dari Ford SYNC 3. Bahkan Fiesta akan menjadi Ford pertama yang dilengkapi sound system premium dari B&O PLAY (Bang & Olufsen).

Ford Fiesta 2017
Perubahan pada interior sangat kentara, terutama dari entertainment system baru tipe floating dengan layar sentuh 8 inci high definition

Namun di luar perubahan bentuk yang menyita perhatian, Ford pun memusatkan perhatian hatchback-nya pada apa yang ada di bawah kap.

Mesin 1.0 litre EcoBoost yang menjadi highlight pada Fiesta generasi ketujuh dan beberapa kali mendapatkan gelar Engine of The Year kini kedapatan teknologi cylinder deactivation. Hal ini sekaligus menjadikan Ford pabrikan mobil pertama yang menciptakan mesin 3-silinder segaris dengan teknologi deaktivasi silinder ini.

Meski Ford telah ‘mematikan’ prinsipalnya di beberapa negara, salah satunya Indonesia, namun peluncuran Fiesta anyar ini jelas menunjukkan bahwa salah satu pendiri mobil pertama di dunia ini masih eksis secara global. Nah, penasaran apakah Fiesta terbaru akan masuk Indonesia?

 

EDITOR

rio

Top