Senin,5 Okt 2015 17:09 WIB

Penulis: bagja otomobil

Google Cari Pabrikan Mobil yang Mau Produksi Massal Mobil Tanpa Supir

Foto: Autoblog

Google Cari Pabrikan Mobil yang Mau Produksi Massal Mobil Tanpa Supir


California - Google mengatakan, meski bisa membuat mobil tanpa supir, namun raksasa teknologi ini enggan untuk menjadi pabrikan otomotif. Karenanya, Google mencari pabrikan mobil untuk bekerjasama memproduksi massal mobil otonom Google.

Mantan CEO Hyundai Amerika, John Krafcik pun direkrut guna mewujudkan aspirasi komersial Google. Nah, agar mobil tanpa supir ini bisa bersaing normal dengan mobil-mobil konvensional di pasaran, maka kerjasama dengan pabrikan mobil menjadi langkah yang penting.

pada awalnya, mobil tanpa supir Google akan ditawarkan sebagai 'sharing car' yang mengedepankan layanan jasa transportasi, sebelum benar-benar bisa dimiliki oleh individu. Mobil ini dikatakan juga akan tetap menggunakan setir dan pedal gas dan rem.

Pada versi konsep, Google memang belum menyematkan setir juga pedal. Bahkan tidak ada lampu depan. Namun diharapkan versi produksi akan berwujud 'normal' sebagaimana mobil-mobil konvensional lainnya. Pembeda hanya tidak butuh supir untuk melajukannya. 

Sejauh ini, mobil otonomos Google telah diuji jalan sejauh hampir 2 juta kilometer di sekitar markas Google di California. Baru-baru ini, mobil telah diuji di kota sibuk Austin di Texas.

"Saat nanti mobil ini keluar di jalanan sebagai produk yang sebenarnya, kemungkinan akan diperkenalkan sebagai layanan sharing car, selain sebagai produk individu," ujar Co-founder Google Sergey Brin. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top