Selasa,22 Sept 2015 18:02 WIB

Penulis: bagja otomobil

Grand New Avanza Sekarang Lebih Cerewet

Foto: Bagja

Grand New Avanza Sekarang Lebih Cerewet


Jakarta - Lagi asik mendengarkan lagu di kabin Grand New Avanza, tiba-tiba ada yang mendistorsi. Sempat dikira efek dari lagu, tapi kok saat audio dimatikan malah terdengar seperti alarm. Waduh! Ada apa ini?

Ternyata, itu adalah alarm pertanda seatbelt belum dipasang! Tidak hanya untuk pengemudi saja lho, buktinya ini berbunyi justru karena penumpang depan tidak memasang seatbelt. "Makin cerewet yah Avanza sekarang," ujar sang penumpang sambil mengancingkan seatbelt.

Wajar kalau jadi terlihat 'kampungan'. Soalnya kita tidak akan menduga mobil low MPV sekelas Avanza menyematkan fitur seperti ini. Sebelumnya, hanya menyematkan indikator seatbelt pada meter cluster saja sudah dirasa cukup. Sekarang ditambah!

Alarm tersebut, meskipun jadi sedikit cerewet, sangat berguna utamanya bagi yang ceroboh dan belum membiasakan diri menggunakan seatbelt begitu masuk ke kabin mobil. Enggak hanya pengemudi, pun penumpang depan maupun belakang wajib mengenakan seatbelt.

Kalau tidak mau terganggu dengan alarm yang semakin dibiarkan semakin sering frekuensi bunyinya, silakan gunakan seatbelt. Berkendara pun jadi lebih aman. 

Alarm tersebut memang tidak langsung berbunyi ketika seatbelt tidak dipasang. Indikator setabelt pengemudi yang terletak pada meter cluster, serta indikator penumpang depan pada bagian tengah dasbor diatas panel AC, keduanya akan menyala terlebih dahulu.

Kalau masih bandel juga belum memasang seatbelt, barulah alarm berbunyi. Masih juga mengacuhkan, frekuensi bunyi alarm semakin cepat, dan pada tahap ini besar kemungkinan semua penumpang akan mulai terganggu. 

Makin cerewet yah? (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top