Rabu,30 Maret 2016 17:00 WIB

Penulis: Bagja

Hadirkan Sienta, Mungkin Toyota Mau Jadi Pabrikan MPV di Indonesia

Foto: eRie

Toyota Sienta secara langsung akan berhadapan dengan Honda Freed

Jakarta - Toyota akhirnya membuka juga rencananya untuk menghadirkan satu lagi MPV terbaru yang belum pernah ada di Indonesia, yakni Sienta. Langkah ini menjadikan Toyota satu-satunya pabrikan di Indonesia yang punya tujuh model MPV.

Mungkin Toyota mau jadi pabrikan mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia. Dengan model yang lebih banyak diantara semua pabrikan, juga menawarkan segementasi dan rentang harga paling lengkap.

Silakan sebut pabrikan lain yang punya jajaran MPV lebih banyak dari Toyota. Honda saja hanya punya Mobilio, Freed dan Odyssey. Suzuki ada Ertiga dan APV. Nissan andalkan Grand Livina dan Evalia. Siapa lagi?

Dari paling murah sampai paling mahal, Toyota ada. Ada Toyota Alphard dan Velfire sebagai yang termahal dan termewah. Kemudian dilanjut Toyota Kijang Innova dan Toyota NAV1 di bawahnya. Kedua MPV ini pun beda konsep, baik desain maupun fungsi.

Semakin ke bawah, ada Toyota Avanza dan Veloz. Keduanya sampai sekarang masih menjadi tulang punggung penjualan Toyota Indonesia. Namun, sebelum sampai ke duo mobil sejuta umat ini, ada model baru yang sebentar lagi hadir, yakni Toyota Sienta.

Ya, seperti diungkapkan Wakil Presiden Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, Toyota Sienta memang diposisikan diantara Avanza Veloz dan Kijang Innova. Bukan yang selama ini banyak diprediksikan, yakni sebagai pengganti Toyota NAV1.

Nyatanya, sampai hari ini NAV1 masih terus dipasarkan. Dan meski nantinya akan hadir Sienta di keluarga besar MPV Toyota, NAV1 tak juga jadi bebas tugas. Justru segmentasi mobil-mobil MPV Toyota semakin rapat. Bayangkan, ada tujuh model!

Toyota seolah tak mau memberi celah kosong sedikitpun diantara jajaran model dan jenis MPV yang dipasarkannya. Sehingga konsumen tak diberikan kesempatan sedikit pun untuk berpaling. Seolah punya uang berapapun, bisa membeli mobil Toyota.

Dan meski pasar MPV terus menurun di Tanah Air, dan tren SUV terus berhembus kencang di tahun ini, Toyota yang bisa dibilang salah satu pabrikan besar yang mempopulerkan segmen MPV di Tanah Air, mulai dari jaman Kijang sampai Avanza, tidak mau kehilangan image tersebut.

Dan kehadiran Sienta--bahkan sampai diproduksi lokal membuat makin lengkaplah jenis mobil MPV di Toyota Indonesia. Mobil MPV ya Toyota. Dibuktikan dengan semakin banyaknya pilihan model dan jenis. 

Mungkin Toyota mau jadi pabrikan MPV di Indonesia.

 

MPV Toyota
Jajaran MPV Toyota

Jajaran MPV Toyota di Indonesia:

Alphard
Velfire
NAV1
Innova
Sienta
Avanza
Veloz

EDITOR

Bagja

Top