Senin,5 Okt 2015 16:03 WIB

Penulis: bagja otomobil

Hilux Terbaru Ternyata Dirancang Pembuat Mobil Mini Toyota

Foto: indianautosblog

Hilux Terbaru Ternyata Dirancang Pembuat Mobil Mini Toyota


Tokyo - Bagaimana jadinya, dari membuat mobil super kecil tiba-tiba ditugaskan membuat mobil besar. Insinyur yang pernah membuat mobil mini Toyota iQ ternyata orang yang sama yagn bertanggung jawab pada perancangan pikap terbaru Toyota Hilux.

Adalah Hiroki Nakajima Executive Chief Engineer dan Managing Officer Toyota Motor Corporation. Hasilnya bisa dilihat pada interior terbaru Toyota Hilux, meski ubahan yang disuguhkan relatif kecil, namun sangat memperhatikan detail. 

Pada awalnya, dia sendiri terkejut ketika ditugaskan untuk membuat Toyota Hilux terbaru. Rupanya, Nakajima fokus pada kenyamanan penumpang dan memikirkan kembali bagaimana bisa tetap unggul dalam hal utilitas.

Interior Toyota Hilux pun terasa lebih luas dari sebelumnya, berkesan lebih premium dan juga punya segudang fitur seperti tombol start stop engine, layar sentuh seperti mengambang, koneksi Bluetooth, juga audio streaming, power-operated windows dan ORVMs, serta cruise control.

Penggunaan ladder-frame baru memang membuat bobotnya sedikit lebih berat, tapi mobil ini jadi lebih kaku yang berguna untuk stabilitas. Belum lagi, daya angkut jadi bisa lebih berat. Tak lupa, perampingan kapasitas mesin diesel barunya, yang kini berkode GD. Lebih kecil, tapi lebih bertenaga.

Toyota Hilux baru juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif yang meliputi Active Traction Control (A-TRC), Downhill Assist Control (DAC) dan Hill-start Assist Control (HAC) untuk kemampuan 4 × 4 yang lebih baik. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top