Rabu,27 Jan 2016 11:00 WIB

Penulis: Bagja

Tematis Tren Baru Mobil Keluarga

Honda BR-V: Buat yang Mau Lebih dari MPV tapi Gak Sanggup Beli SUV

Foto: Ilustrasi

Honda BR-V mengisi celah antara Honda Mobilio dengan Honda HR-V

Jakarta - Honda BR-V hadir sebagai mobil kawin silang yang ternyata tak hanya dari spesifikasi dan fungsionalitasnya saja, tapi juga dengan jeli menyelinap pada celah khusus yang nyatanya, sudah ditunggu-tunggu konsumen.

Honda dengan jeli menyelipkan Honda BR-V diantara Honda HR-V dan Honda Mobilio. Hasilnya, perkawinan silang antara kedua mobil tersebut begitu kental tersuguhkan. Istilahnya, mobil ini ditawarkan untuk mereka yang mau lebih dari sebuah MPV, tapi belum sanggup membeli SUV.

“Kita melihat ada celah diantara Mobilio dan HR-V apalagi CR-V, dan masyarakat membutuhkan. Makanya kita bilang BR-V itu mobil bagi konsumen yang naik kelas dari LMPV tapi tetap menginginkan mobil tujuh penumpang," kata Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Ada beberapa poin yang dinilai OTOMOTIFNET bakal menjadi keunggulan Honda BR-V sebagai tren baru mobil keluarga. 


Lebih Fleksibel Hadapi Berbagai Medan

Honda BR-V
Lebih fleksibel diajak kemanapun

Honda BR-V punya 'ekstrak' keunggulan yang dipunyai sebuah SUV untuk menghadapi berbagai medan jalan. Tidak usah yang terlalu ekstrem, toh di Jakarta saja masih banyak jalan yang rusak, berlubang, sampai tergenang air.

Dengan ground clearance 201 mm, Honda BR-V leluasa untuk melindas jalan yang tidak rata dan tidak khawatir kolong mobil nyangkut. Radius putarnya 5,3 meter juga cukup untuk menjadikannya mobil yang lincah bermanuver dan menghadapi ruang sempit.


Daya Tampung Tujuh Penumpang

Honda BR-V
Crossover pertama yang bisa menampung tujuh penumpang

Meski berlabel crossover, biasanya hanya menyediakan kapasitas lima penumpang. Namun HR-V berbeda, bisa dimuat tujuh penumpang dengan nyaman karena ruang kabin tidak memaksa. Perhatikan saja bagaimana kelapangan kabin Honda Mobilio.

Ini menjadikan Honda BR-V seolah menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin sebuah mobil tangguh seperti SUV, tapi punya dana pas-pasan dan belum sanggup membeli SUV 7 penumpang.


Berteknologi

Intip Kabin Honda BR-V, Tampak Nyaman dan Premium
Disematkan teknologi yang tak kalah dengan mobil diatasnya

Honda juga membekali BR-V dengan teknologi yang cukup. Setidaknya, cukup untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada pengemudi dan penumpang. Meski label harganya tidak semahal Honda HR-V misalnya, tapi usungan teknologinya cukup lumayan untuk mobil keluarga tujuh penumpang.

Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist misalnya, membuat pemngemudian Honda BR-V yang lebih tinggi tetap stabil, baik saat ngebut maupun harus menghadapi tanjakan.

ECO Indikator, Electric Power Steering, Drive by Wire, lampu Projector plus LED Guide, sampai teknologi pembersih kabin Nanoe, merupakan asupan-asupan teknologi yang disematkan Honda pada Honda BR-V. 


Fitur Layak Memanjakan Keluarga

Honda BR-V
Audio dengan layar 6,1 inci cukup lengkap fitur-fiturnya

Fitur juga jadi salah satu poin penting bagi mobil keluarga. Bagaimana secara fungsi, fitur-fitur tersebut harus bisa memanjakan dan memenuhi semua kebutuhan keluarga di dalam kabin mobil.

Mulai dari hiburan Audio 6,1 inci yang punya segudang fitur khusus, salah satunya pembersih kabin Nanoe seperti pada Honda CR-V. Audio ini juga bisa terkoneksi dengan handphone melalui Bluetooth, HDMI screen mirroring, juga Android mode. Kamera untuk memantau kondisi belakang mobil saat parkir juga tersedia.

KUrsi baris keduanya bisa digeser maju mundur, untuk memberikan keleluasaan kaki penumpang baris kedua dan ketiga. Melipat kursi baris kedua untuk akses keluar masuk penumpang baris ketiga juga hanya tinggal penarik satu tuas, serta sandaran kursi baris ketiga yang bisa dilipat dengan konfigurasi 50:50.

Dan tidak seperti Honda Mobilio, headrest Honda BR-V juga bisa diatur posisi dan ketinggiannya. Dan juga tersedia banyak tempat penyimpanan baik untuk handphone, gelas dan mug, juga majalah. 


Performa Mesin Cukup untuk Keluarga

Honda BR-V
Honda BR-V

Mesin yang digunakan juga terbilang kompak. Berkapasitas hanya 1.5 liter i-Vtec yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 120 dk dan torsinya 145 Nm. Dipadu dengan transmisi CVT Earth Dreams. 

Memang diatas kertas tidak akan seresponsif Honda Mobilio karena bobot Honda BR-V pasti lebih berat. Tapi dengan tenaga yang cukup, mesin ini tidak akan seboros SUV konsumsi bahan bakarnya.


Harga Tetap Terjangkau

Honda BR-V
Banderol mulai dari Rp 226 jutaan dan paling mahal Rp 261 jutaan, siapa yang tidak tergiur?

Nah yang terakhir ini jadi poin paling penting. Harga jual. Dengan semua keunggulannya, Honda Prospect Motor membanderol Honda BR-V sedikit lebih mahal dari Honda Mobilio, tapi jauh lebih murah dari Honda HR-V.

Sehingga, akses keluarga Indonesia yang membutuhkan mobil keluarga tangguh bisa lebih banyak, karena harganya yang terjangkau. 

Semua poin tersebut menjadi alasan kuat kenpa Honda BR-V cocok dijadikan mobil keluarga. Punya kelebihan dibanding Honda Mobilio, tapi sedikit banyak bisa menandingi ketangguhan sebuah SUV. 

EDITOR

Bagja

Top