Rabu,27 Jan 2016 16:00 WIB

Penulis: Bagja

Tematis Tren Baru Mobil Keluarga

Honda BR-V jadi Model Ketujuh Dari Platform Honda Jazz

Foto: tim otomotifnet

Honda BR-V merupakan model ketujuh dari platform Honda Jazz

Jakarta - Ada yang menarik dari Honda BR-V. Crossover tujuh penumpang terbaru dari Honda ini ternhyata dihadirkan di Indonesia sebagai model ketujuh dari platform yang sama dengan Honda Jazz sebagai pionir platform global small car Honda.

Berawal dari Honda Jazz, yang saat pertamakali dihadirkan mengusung platform Global Small Car Honda. Platform ini ternyata sukses karena fleksibilitasnya. Mau mobil apapun, jenis apapun, sepertinya bisa saja dibuat menggunakan platform Honda Jazz ini.

Honda Jazz
Honda Jazz

Di awal, Honda sepertinya masih malu dan ragu untuk berinovasi, sehingga langkah standar yang dipilih. Yakni menyulap hatchback menjadi sedan--umum dilakukan berbabagai pabrikan dunia. Dari Honda Jazz, maka jadilah Honda City.

Honda City
Honda City

Melihat kesuksesan dari platform tersebut pada dua modelnya, Honda semakin berani berinovasi dengan terus melakukan rekayasa model dari platform yang sama. Bagaimana kalau Honda Jazz dipanjangkan? Hadirlah Honda Freed sebagai model ketiga dari platform yang sama.

Honda Freed
Honda Freed

Semakin ekstrem, dari platform yang sama pula, Honda mulai menyasar kelas yang lebih rendah untuk pasar mobil di Indonesia. Karenanya, mobil dengan ukuran yang bahkan lebih kompak dari Honda Jazz pun dilahirkan, yakni Honda Brio.

Honda Brio Bakal Mejeng di IIMS 2011
Honda Brio

Metamorfosis platform Global Small Car Honda terus berlanjut. Dari Honda Brio yang serba kompak, Honda menyulap Honda Brio menjadi low MPV 7 penumpang pesaing kemapanan Avanza-Xenia, yakni Honda Mobilio.

Honda Mobilio
Honda Mobilio

Masih belum puas, terlebih dengan pembacaan tren pasar yang jeli, Honda meneruskan Honda Mobilio menjadi crossover yang dianggap mulai jadi tren dunia, sehinga melahirkan Honda HR-V yang sempat menjadi perhatian dunia, karena juga dipasarkan global.

Honda HR-V
Honda HR-V

Nah, paling baru Honda Mobilio dibuat lebih tangguh dengan menghadirkan sosok crossover tujuh penumpang Honda BR-V sebagai model ketujuh dari platform yang sama yang dipasarkan di Indonesia. Meski punya kemiripan-kemiripan dengan saudaranya seperti Honda Mobilio, namun Honda BR-V punya banyak pembeda dengan saudara MPV tersebut.

Honda BR-V
Honda BR-V Prestige

Penggunaan satu platform yang sama untuk banyak model tentu saja sangat menguntungkan Honda. Selain biaya produksi jauh lebih murah, juga proses penciptaan model baru yang tidak memakan waktu yang lama.

""Ini merupakan salah satu yang paling cerdas dari Honda menurut saya. Dengan begitu juga Honda bisa maju. Cost jadi murah, sehingga budgetnya bisa kita alihkan ke biaya service Honda yang jadi lebih murah, semacam subsidi silang," komentar Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Sehingga, sejauh ini di Indonesia, platform Global Small Car Honda sudah digunakan pada Honda Jazz, Honda City, Honda Freed, Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda BR-V. Bakal ada lagi model baru dari platform yang sama sebagai model ke delapan Honda? 

EDITOR

Bagja

Top