Rabu,24 Feb 2016 12:00 WIB

Penulis: Bagja

Honda Brio Satya jadi Mobil Murah LCGC Pertama Bertransmisi CVT

Foto: HPM

Honda Brio Satya bakal jadi LCGC pertama yang mengusung transmisi CVT

Jakarta - Setelah rencana Honda Mobilio RS, Honda Prospect Motor (HPM) masih punya satu senjata lagi disegmen mobil murah LCGC yang bakal disematkan transmisi baru CVT, yakni Honda Brio Satya. 

Sejumlah perubahan bakal dilakukan, salah satunya penyematan transmisi CVT seperti pada Honda Brio 1.2 dan Honda Brio RS. Langkah ini sekaligus bakal menjadikan Honda Brio Satya sebagai yang pertama dan satu-satunya disegmen mobil murah LCGC yang menggunakan transmisi CVT.

Sebelumnya, Honda hanya memberikan transmisi manual 5 percepatan pada Honda Brio Satya. Sementara untuk merek lain, hanya Suzuki Karimun Wagon R AGS yang sudah mengusung teknologi tertentu untuk mobil murahnya, yakni Automatic Gear Shift (AGS). 

Transmisi AGS ini mengandalkan transmisi manual yang dipasangi perpindahan gigi otomatis tanpa harus menginjak pedal kopling. Rasanya memang seperti transmisi otoamtis, namun masih terdapat jeda perpindahan gigi--tidak seperti CVT yang halus dan tanpa ada perpindahan gigi.

Meskipun harga jualnya nanti bakal terkatrol naik, biasanya sekitar Rp 10 jutaan, Honda Brio Satya bakal membuat segmen LCGC semakin meriah. Malah, bisa jadi Honda kembali menjadi pemicu makin ramainya sebuah segmen mobil.

Honda Brio Satya bakal disematkan transmisi CVT terungkap melalui daftar uji tipe di TPT Online Kementerian Perindustrian dengan statsu 'selesai'. Sehingga, hanya tinggal dipasarkan dalam waktu yang diprediksi tidak akan lama lagi.

TPT Online
Honda Brio di TPT Online

Pihak HPM pun sudah mengindikasikan rencana tersebut, meski belum secara terbuka mengakui rencana kehadiran transmisi CVT pada Honda Brio Satya. "Semua mobil yang mau kita tes kan harus daftar (TPT Kemenperin), kadang belum tentu dijual," elak Direktur Marketing dan Aftersales Service HPM, Jonfis Fandy.

Menyematkan transmisi CVT pada Honda Brio Satya tidak akan membuat ribet HPM, termasuk urusan biaya yang sangat bisa ditekan, sebab Honda sudah memproduksi lokal transmisi tersebut di Tanah Air. 

EDITOR

Bagja

Top