Sabtu,9 April 2016 09:36 WIB

Penulis: Bagja

Laporan Langsung IIMS 2016

Honda Civic Turbo, Lebih Kencang Lebih Irit BBM

Foto: Bagja

All New Honda Civic bermesin turbo lebih bertenaga

Jakarta - Honda Prospect Motor (HPM) terbilang berani mengembalikan sensasi mengendarai sedan yang sebenarnya melalui Honda Civic turbo.

Honda Civic pun selain kembali menjadi sedan yang menyenangkan untuk dikendarai, sekaligus jadi model pertama Honda di Indonesia yang mengusung mesin turbo.

Honda mengklaim penyematan turbo pada mesin Honda Civic yang lebih kecil ini justru punya keuntungan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibanding mobil bermesin lebih besar.

"Lebih irit sekitar 30 persen. Karena mesin lebih kecil. Tapi performa tetap sangat bisa diandalkan karena sudah disokong turbo," ujar Direktur Marketing dan Aftersales Service HPM, Jonfis Fandy.

Mesin Honda Civic sendiri berkapasitas 1.5 liter saja. Sebelumnya, ada mesin 1.8 liter dan 2.0 liter.

Namun kini hanya tersedia mesin 1.5 liter saja, tapi disokong turbo.

Mesin i-VTEC tersebut pun menjanjikan akselarasi yang responsif. Bayangkan, dengan tenaga mencapai 173 dk, namun berkat turbo yang aktif mulai di rpm 1.400, maka torsi maksimal sudah bisa dirasakan pada 1.700 rpm.

Honda juga sudah memanjangkan stroke dan meningkatkan rasio kompresi jadi 10:6. Material valve berbahan sodium sekaligus mengatur ulang timingnya.

Diatas kertas, torsi puncak yang diraih sejak rpm rendah itu mirip karakter mesin diesel turbo.

Sehingga Honda pede menjanjikan akselarasi Civic turbo bakal sangat responsif.

"Ini keunggulannya. Sedan harusnya seperti ini. Enggak hanya luxury, tapi adrenaline pun meningkat saat dikemudikan," tutup Jonfis. (otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top