Jumat,26 Feb 2016 13:45 WIB

Penulis: Bagja

Honda Freed Generasi Baru Andalkan Mesin 3 Silinder

Foto: Honda

Honda Freed terbaru bakal mengusung mesin 3 silinder 1.0 liter i-VTEC turbo

Tokyo - Presiden dan CEO Honda, Takahiro Hachigo, sudah mengkonfirmasi kalau generasi baru Honda Freed akan hadir tahun ini. Namun, info paling menarik adalah kemungkinan MPV boksi Honda ini mengusung mesin baru.

Informasi yang ramai beredar--namun belum terkonfirmasi, Honda Freed disebut-sebut bakal mengusung mesin baru. Kapasitasnya jauh lebih kecil dari sebelumnya yang berkapasitas 1.5 liter 4 silinder. Pada model terbaru ini hanya 1.0 liter saja, dengan konfigurasi 3 silinder.

Namun, berkat sokongan turbo, mesin i-VTEC ini sanggup menghasilkan daya yang sama dengan mesin 1.5 liter, yakni 118 dk dan torsinya 146 Nm. Kita juga sekaligus berharap transmisi CVT akan tersemat pada mobil keluarga berpintu geser ini.

Honda mengatakan akan menghadirkan Honda Freed terbaru ini di Jepang sebagai negara pertama. Honda sendiri tidak memasarkan Freed di banyak negara, karena hanya terbatas pada Jepang, Indonesia dan Hongkong.

Ekslusifitas jumlah negara dimana Freed akan dipasarkan tentunya bakal membuka kemungkinan yang besar sekali setelah Jepang, Indonesia dan Hongkong akan kejatahan model terbaru dari Honda Freed.

Hanya tinggal satu masalah saat nantinya Honda Freed generasi terbaru jadi dipasarkan di Indonesia. Apakah akan mengusung mesin baru yang sama dengan di Jepang, atau tetap menggunakan mesin lama 1.5 liter. 

Tapi kalau melihat kemungkinan Toyota Sienta sebagai calon pesaingnya mengusung mesin yang lebih kecil dari 1.500cc, bakal jadi gebrakan tersendiri kalau Honda Prospect Motor (HPM) berani menghadirkan mesin kecil turbo untuk Honda Freed. Bagaimana HPM?

EDITOR

Bagja

Top