Rabu,24 Feb 2016 09:15 WIB

Penulis: Bagja

Honda Indonesia Sematkan Transmisi CVT Pada Honda Brio

Foto: HPM

Honda Brio bakal lebih asik dikendarai karena sudah mengusung transmisi CVT

Jakarta - Honda Prospect Motor (HPM) terus mempersiapkan produk barunya. Kali ini segmen citycar yang disasar, yakni Honda Brio. Kabar terbaru, sebuah transmisi baru akan disematkan untuk Honda Brio.

Adalah transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang akan disematkan pada Honda Brio. Informasi ini terungkap dari database Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) online Kementerian Perindustrian.

HPM mendaftarkan Brio RS dengan kode 185/ILMATE/TPT/2/2016. Tidak hanya itu, rupanya HPM juga mendaftarkan Brio Satya transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission) berkode 182/ILMATE/TPT/2/2016.

TPT Online
Honda Brio di TPT Online

Honda Brio 1.2 yang selama ini tersedia transmisi manual dan otomatis 4 percepatan, bakal segera diganti dengan transmisi CVT yang tanpa perpindahan gigi. Tak hanya itu, Honda Brio Satya yang selama ini hanya tersedia pilihan transmisi manual 5 percepatan pun akan disematkan transmisi CVT.

Ketika dikonfirmasi, Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, memang belum mau mengungkap secara terbuka. Namun, dirinya mengakui kalau Honda akan mengarah menuju langkah tersebut.

"Ada rencana kesana. Meskipun yang terdaftar (di TPT Online) belum tentu akan dijual, tapi ditunggu saja pokoknya," kata Jonfis. Honda sendiri selama ini sudah memproduksi lokal transmisi CVT, selain untuk pasar domestik, juga ekspor.

Kalau benar langkah ini dilakukan HPM, maka pamor Honda Brio bisa saja kembali mencuat, dan kembali memposisikan dirinya sebagai citycar yang fun to drive, cocok untuk perkotaan yang lalu lintasnya semakin padat. Penggunaan transmisi CVT juga bakal membuat akselarasi lebih halus, minim hentakan perpindahan gigi dan lebih presisi sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih ditekan.

EDITOR

Bagja

Top