Selasa,6 Okt 2015 11:04 WIB

Penulis: bagja otomobil

Honda Jazz Direcall Akibat Transmisi CVT Bermasalah

Foto: DetroitNews

Honda Jazz Direcall Akibat Transmisi CVT Bermasalah


Detroit - Ratusan ribu unit mobil Honda di Amerika harus ditarik dari pasaran karena diduga ada permasalahan pada sistem transmisi CVT. Bahkan, model yang harus ditarik merupakan model andalan Honda di dunia, yakni Honda Jazz dan Honda Civic.

Detroit News menyebut ada 143.676 unit Honda Jazz dan Honda Civic harus ditarik dari pasar Amerika. Terdiri dari Honda Civic model tahun 2014-2015, serta Honda Jazz yang dijual di Amerika dengan produksi tahun 2015.

Sumber masalah ada pada software di sistem CVT, yang fungsinya mengaktifkan hidrolik bertekanan tinggi pada mode operasi tertentu, sehingga bisa menyebabkan drive pulley shaft bermasalah. Apalagi ada dugaan, pulley shaft tersebut menggunakan material dengan tingkat kekerasan rendah.

Kalau dipaksa untuk bekerja bersanding dengan hidrolik bertekanan tinggi secara terus menerus, maka drive pulley shaft bisa kalah dan bukan tidak mungkin hancur selama penggunaan.

Efeknya bisa serius lho, selain akselarasi bisa loss, juga roda depan bisa tiba-tiba mengunci. Resiko kecelakaan bisa terjadi dengan kondisi seperti ini, meski Honda sendiri mengklaim belum ada laporan kecelakaan akibat masalah ini.

Honda akan memperbarui perangkat lunak transmisi itu tanpa memungut biaya. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top