Rabu,17 Feb 2016 09:00 WIB

Penulis: Bagja

Tematis Mobil China di Indonesia

Indonesia Siap Diserbu Mobil China

Foto: Ilustrasi

Indonesia Siap Diserbu Mobil China

Jakarta - Mobil China. Bukan mainan baru sebenarnya di pasar mobil Tanah Air. Jauh sebelum hari ini, berbagai merek datang dan pergi--tak jarang tanpa kabar. Dari sekian banyak yang bertahan, sebenarnya masih ada dua merek yang masih eksis, Chery dan Geely.

Ditambah satu merek baru lagi yang akan hadir, yakni Wuling, maka bersiap saja Indonesia bakal diserbu mobil China. Anda tertarik melanjutkan? Bisa iya, bisa juga tidak. Toh, selama ini kiprah mobil China di Indonesia tak beda dengan produk China lainnya; hit and run. Datang, ramai, kemudian tiba-tiba menghilang.

OTOMOTIFNET masih ingat ketika pabrikan China 'terlihat' mulai serius di pasar Indonesia. Kala itu merek Gelly, kisaran tahun 2011 mengajak beberapa media untuk test drive produknya, Geely MK II. Sebuah hacthback. Test Drive Geely MK II, Hatchback China yang Banjir Fitur

Secara tampang, mengingatkan kita pada VW Golf, tapi sangat jauh berbeda. Kemandirian desain sudah bisa ditampilkan Geely MK II saat itu. Performa pun tak jelek-jelek amat, mirip lah dengan mobil murah LCGC. Kemudian fitur yang ditawarkan pun seabrek. 

Chery pun punya sepak terjang di Indonesia. Diawali dengan kepopuleran SUV Chery Thiggo, yang bahkan sampai saat ini tak jarang masih seliweran di jalan raya. Atau andalan disegmen citycar Cherry QQ.

Ya, dua merek ini sebenarnya masih eksis di Tanah Air. Bahkan, masih tercatat sebagai member Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Geely bahkan masih mencatatkan penjualan sepanjang 2015 lalu, dengan angka sekitar 150 unit.

Serbuan merek China bisa kembali terjadi dan besar-besaran, dimulai dengan kehadiran Wuling di Tanah Air melalui PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia. Sudah berulang kali dijanjikan, tak hanya produk, tapi pabrik, aftersales, sampai keikut sertaan sebagai anggota GAIKINDO.

Langkah SGMW Indonesia tersebut sebenarnya bisa dijadikan momentum kebangkitan kembali dua merek yang sudah eksis lebih dulu, Geely dan Chery. Mereka bisa melihat dan mencontoh keseriusan Wuling untuk berkiprah di Indonesia.

Transfer teknologi, sekaligus penetrasi produk baru bisa kembali menemukan momentumnya saat Wuling benar-benar sudah hadir dan eksis di pasar mobil Tanah Air. Terlepas dari 'sejarah kelam' mobil China di Indonesia, harapan besar bisa dilimpahkan pada tiga merek China ini.

Apalagi stigma 'harga murah' masih masih sangat kental terhadap mobil China. Pekerjaan rumahnya tinggal bagaimana membuat masyarakat percaya kalau mobil China saat ini jualannya 'tidak bercanda' di Indonesia.

Ekonomi yang masih lesu pun bisa dijadikan momentum tersendiri, terutama dengan sodoran produk berharga murah. Selama dikemas agar tidak murahan, bukan tidak mungkin mobil-mobil China menjadi solusi masyarakat Indonesia saat ini.

Karenanya, OTOMOTIFNET siap memperkenalkan mobil-mobil China yang pernah, masih dan akan eksis di Tanah Air. Silakan membandingkannya dengan produk asal negara manapun, dan biar waktu yang membuktikan, sejauh mana kemampuan, konsistensi, dan keunggulan dari mobil-mobil China ini dengan merek lain yang sudah mapan.

EDITOR

Bagja

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top