Minggu,14 Agust 2016 12:15 WIB

Penulis: Gombak

Ini dia Wajah Mobil Desa, Ada yang 4x4 Nih!

Foto: Gombak

Mobil Desa

Solo - Unit berbentuk pick-up  berwarna putih ini terlihat pada salah satu stand pameran Ritech Expo 2016, dalam rangka Hari Teknologi Nasional (Harteknas) ke 21 yang berlangsung di parkiran Stadion Manahan, Solo.
 
Stand yang dimaksud adalah stand Universitas Negeri Semarang (Unnes). Nah unit pick-up putih itu adalah unit prototype Mobil Desa.  

Bermesin 970cc 4 silinder injeksi, dengan transmisi 5 speed plus transfer case. Artinya pick up putih ini dilengkapi gardan ganda atau berpenggerak 4x4.

Mobil Desa
Mobil Desa

Tampak balutan ban kembang kasar pada keempat roda, Achilles Desert Hawk 27x8.50-15 pada pelek ukuran R15. Bila diintip ke kolongnya, ada bongkahan gardan di depan. 

Eh, sistem suspensinya bukan lagi perdaun. Gardan depan belakang ditopang kombinasi per spiral, sokbreker dan batang arm. 

Bisa jadi display parkirnya jadi enggak lazim seperti menunjukan kelenturan sistem kaki-kaki nya.

Mobil Desa
Mobil Desa

“Sistem suspensinya rigid axle coil spring, Kalau bobotnya total berkisar 750 kg. Kebetulan yang kami pamerkan ini yang mengusung gardan ganda,” ujar Widya Aryadi dosen Jurusan teknik mesin Unnes ketika dijumpai OTOMOTIFNET.
 
Menurutnya, Unnes memang menjalin kerjasama dengan pihak kementrian Perindustrian (kemenperin) sejak tahun 2012 untuk menghadirkan rancangan Mobil Desa. Kabarnya sudah ada 7 unit prototipe yang kelar dirancang khususnya di wilayah jawa Tengah. 

Desainnya didedikasikan untuk digunakan pada desa tropis. “Tugas kami di perguruan tinggi ya merancang sesuai  spesifikasi yang diperlukan. Seperti platform rangka dan kabinnya. 
Lantas  bekerja sama dengan beberapa penghasil komponen industri seperti karoseri misalnya. Tujuan kedepan supaya mereka  juga tumbuh berkembang,” lanjut Widya sapaannya.
 
Unit ini sudah melewati sejumlah tahap. Seperti purwarupa (prototype), uji emisi euro 2, bahkan sudah uji coba jalan atau endurance sejauh 100.000 km. Untuk mesinnya disuplai Viar. 

Jika kelak nanti diproduksi akan tersedia beragam model. Jadi  disesuaikan dengan kebutuhan konsumen itu sendiri. Ada yang model d-cab, stationwagon, bak belakang dengan pintu 3 way dan lainnya.

EDITOR

Bagja

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top