Kamis,26 Mei 2016 14:00 WIB

Penulis: Bagja

Keren! Seperti Inikah Sosok Pikap ESEMKA?

Foto: Paultan

Seperti inkah sosok pikap ESEMKA?

Jakarta - ESEMKA terus dikabarkan sedang serius menggarap mobil yang diklaim sebagai mobil nasional. Kabar terbaru dari media Malaysia, ESEMKA sedang berkolaborasi dengan Proton untuk mengembangkan pikap keren yang futuristis. Seperti inikah?

Ya, sosok pikap yang merupakan mobil konsep dari Proton tersebut muncul sambil mengemukakan pertanyaan besar. Pikap inikah yang akan dijadikan basis pengembangan pikap ESEMKA garapan PT Adiperkasa Citra Esemka Pahlawan (ACEH)?

Proton sempat mengenalkan mobil konsep terbarunya yang unik itu. Mengambil bassis MPV Proton Exora, bagian belakang dipangkas sehingga menjadi mobil pikap. Tampangnya tidak sesederhana Proton Exora, karena yang satu ini lebih gahar.

ESEMKA
Wajah sangat calon pikap ESEMKA

Terinspirasi dari mobil pikap Ford Raptor F-150, kita bisa melihat wajah depan yang sangat gahar dengan desain berotot yang rumit. Namun, desainnya terlihat keren dengan nuansa futuristis yang juga kental. Grill beraksen titanium, lampu utama LED, serta pelindung bumper.

Karakter Proton Exora masih bisa kita lihat pada bagian jendela depan, samping sampai atap. Bahkan, pilar A dan B masih sangat jelas menggambarkan MPV andalan dari Proton tersebut. 

Bagian bak belakang juga terlihat beringas, dengan lampu kombinasi LED yang minimalis, serta pelindung bumper yang juga sekaligus berguna untuk pijakan kaki.

ESEMKA sendiri, sudah lama dikabarkan juga akan menawarkan model pikap di salah satu lineup-nya. “Mobilnya akan pikap. Sebab dengan pikap mampu menggerakkan ekonomi masyarakat," kata Hosea Sanjaya.

ESEMKA
Bak belakang calon pikap ESEMKA

Salah satu bocorannya akan memiliki ‘hidung’. Dengan demikian, mesin akan berada di depan yang akan mampu melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi sesuatu hal.

Nah pikap Proton tersebut pun 'berhidung'. Selain itu, kerjasama antara ESEMKA dan Proton pun sudah lama beredar sejak pertama kali isu ini muncul awal tahun lalu. 

Perjanjian kerjasama dalam bentuk penelitian dan pengembangan antara ESEMKA dan Proton. Kerjasama ini juga memiliki manfaat strategis karena akan dapat merampingkan rencana ekspor ESEMKA ke dalam beberapa negara, termasuk Malaysia. 

Saat ini, perusahaan telah mendirikan pabrik perakitan di Cileungsi, Jawa Barat, yang memiliki kapasitas produksi tahunan 30.000 kendaraan.

Wah, kalau benar pikap-nya bakal seperti ini, dengan mesin yang kabarnya berkapasitas 1.000cc dan 2.000cc, dan akan dibanderol dengan harga dibawah Rp 100 jutaan, pasti menarik. Anda tertarik?

EDITOR

Bagja

Top